liputan6.com

Virus komputer adalah sebuah program komputer yang mampu menyebar dengan cara menduplikasi layaknya virus biologi pada tubuh.Kemudian virus ini akan menyusup ke dalam sistem melalui program-program komputer yang terpasang dan rentan disusupi.Selain itu, virus ini juga dapat menyebar ke perangkat lain melalui pertukaran file yang dilakukan menggunakan USB flashdisk, pengunduhan file, dan yang lainnya.Akibatnya, perangkat yang terjangkit virus akan mengalami kesalahan sistem (hang, lagging, dan freeze).Kemudian beberapa ekstensi file ada yang berubah dan menjadi tidak bisa diakses karena akibat dari serangan virus.

Jenis Virus Komputer

Menurut Foxietech berikut adalah jenis jenis virus di komputer;

1. Worm

Worm merupakan jenis virus yang tidak terlalu kuat dan menginfeksi perangkat komputer melalui email yang terkoneksi pada internet.Worm juga dapat menduplikasi hingga menjadi banyak dan akhirnya membuat penyimpanan memori pada komputer menjadi penuh.

2. Trojan

Jenis selanjutnya adalah bernama trojan, yang mana dapat mengontrol hingga mencuri data pengguna yang tersimpan di komputer.Kemunculan trojan ini bisa disebabkan seperti layaknya virus worm, yakni melalui koneksi internet dan email yang diterima.

Yang lebih menakutkan lagi, trojan dapat mendapatkan data seperti password dan sistem log.

3. Backdoor

Backdoor adalah virus yang memiliki kesamaan dengan trojan, hanya saja virus ini menyerupai program-program yang terlihat biasa-biasa saja, contohnya adalah game.Virus ini mampu digunakan oleh peretas untuk masuk ke sebuah sistem tanpa harus melakukan autentikasi.

4. Rogue

Virus rogue ini cukup berbahaya karena dapat meniru seolah-olah menjadi antivirus sungguhan dengan memberikan peringatan-peringatan palsu.Tujuan dari virus rouge ini adalah agar korban mau membeli ‘antivirus’ ini dan akhirnya pembuat virus ini pun mendapatkan uang.Mulai sekarang, jangan mudah untuk ditipu, ya.

5. Rootkit

Rootkit adalah sekumpulan perangkat lunak yang dapat menyembunyikan proses, data, dan sistem operasi yang sedang berjalan.Dengan proses yang senyap, rootkit dapat merusak sistem dan menyusup dengan tidak terlacak sama sekali.Selain windows, rootkit juga dapat menyerang Linux dan Solaris.

6. Companion Virus

Companion virus ini berpotensi mengganggu data-data milik pengguna perangkat. Untuk mendeteksi virus ini juga cukup sulit karena bersembunyi di dalam disk penyimpanan.

Editor Avica Ramandani


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?