Process Device

Sebuah komputer terdiri dari sejumlah komponen penyusun yang bisa di klasifikasikan berdasarkan fungsinya masing-masing, dan di antara komponen-komponen tersebut ada yang di sebut sebagai process device.

Apakah yang di maksud dengan process device? Komponen apa saja yang termasuk process device?

Apa Itu Process Device

Process device adalah komponen-komponen di dalam komputer yang berfungsi untuk memproses data dan kemudian mengirimnya ke perangkat output setelah data selesai di proses.

Komputer menerima data melalui perangkat input seperti keyboard dan mouse. Setelah data di terima, data tersebut akan di proses untuk menghasilkan informasi yang di butuhkan oleh pengguna. Begitu pemrosesan data selesai, hasilnya akan langsung dikirim ke layar monitor, printer, speaker, atau perangkat output lainnya.

Yang Termasuk Process Device

Berikut ini adalah beberapa contoh-contohnya:

1. CPU
2. Motherboard
3. Video Card
4. Sound Card
5. Network Card

CPU

CPU merupakan process device yang di anggap sebagai otaknya komputer dan merupakan singkatan dari Central Processing Unit. Prosesor adalah sebutan lain dari CPU. Selain laptop dan komputer desktop, banyak perangkat lain yang juga menggunakan CPU seperti smart TV, HP, dan smart washing machine.

Rata-rata CPU sekarang ini sudah memiliki beberapa core. Makin banyak core yang di miliki CPU, makin banyak data yang bisa di proses secara bersamaan sehingga multitasking pun kian terasa enteng.

Motherboard

Motherboard di sebut mobo atau mainboard, motherboard menjadi penghubung antar komponen di dalam komputer. Sebagian besar komponen hardware komputer terpasang pada motherboard seperti CPU, memori, video card, baterai CMOS, dan lain-lain.

Video Card

Video card atau graphics card berfungsi untuk menampilkan gambar dan video yang anda inginkan pada layar monitor. Tanpa adanya video card, anda tidak akan bisa melihat gambar, menonton video, apalagi bermain game.

Setiap motherboard untuk komputer desktop dan laptop sudah menyediakan integrated graphics card atau onboard graphics card, tetapi gamer biasanya membutuhkan dedicated graphics card untuk memainkan game-game berat.

Sound Card

Sound card atau audio card berfungsi untuk mengolah data menjadi suara yang terdengar melalui headphone atau speaker. Pada umumnya sound card sudah di sediakan oleh motherboard sehingga anda tidak perlu membelinya secara terpisah, kecuali jika anda menginginkan kualitas audio yang lebih baik atau menggunakan komputer yang di tujukan untuk studio rekaman.

Network Card

Ethernet card, network interface card (NIC), network adapter, dan network interface controller, adalah istilah-istilah lain yang di gunakan untuk menyebut network card.

Ini berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan sebuah jaringan komputer melalui kabel RJ-45. Melalui network card ini komputer bisa terhubung dengan internet sehingga sebagian orang menyebut network card dengan istilah “Internet card”.

Editor : Lam ‘Aeni Lutfi

Terima kasih telah berkunjung di website saya, semoga Bahagia


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?