Menggambar adalah salah satu cara seseorang untuk menyalurkan perasaan dan kreativitas. Saat ini menggambar bisa dilakukan menggunakan bantuan perangkat digital. Di era digital dimana teknologi semakin canggih, banyak orang menggambar digital sebagai sebuah profesi maupun hanya untuk menyalurkan hobi.

Menggambar digital dilakukan menggunakan komputer atau laptop. Berbeda dengan menggambar tradisional, menggambar digital tidak memerlukan kertas, pensil, pewarna, dan penghapus. Untuk menggambar digital, kita hanya memerlukan sebuah mouse atau pentablet serta komputer atau laptop dengan software atau aplikasi untuk menggambar digital.

Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini, terdapat banyak software untuk menggambar digital baik berbayar maupun gratis seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, corelDRAW, Clip Studio Paint, dll.Salah satu software yang biasa digunakan oleh para pemula dalam menggambar digital adalah Paint Tool SAI.

Paint Tool SAI adalah salah satu software desain grafis buatan Jepang yang dapat digunakan dalam merancang suatu gambar atau tulisan yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Systemax Software. Paint Tool SAI ini banyak digunakan oleh para digital illustrator untuk membuat ilustrasi mereka.Setiap software desain grafis tentu saja memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri.

Kelebihan Paint Tool SAI dibandingkan dengan software lain yaitu sangat ringan dan cocok digunakan untuk komputer dengan spesifikasi rendah. Selain itu pengoperasian software ini juga sangat mudah dan memiliki tools yang cukup baik.Biasanya Paint Tool SAI digunakan oleh para pemula yang baru belajar desain. Kekurangan software ini yaitu gambar yang akan terlihat pecah apabila dilakukan perubahan ukuran serta tidak memiliki banyak fitur-fitur editing seperti tidak tersedianya efek khusus.

Berdasarkan kelebihan dan kekurangan tersebut dapat dikatakan bahwa Paint Tool SAI lebih banyak diunakan untuk menggambar ilustrasi ataupun lukisan digital dan tidak terfokus pada manipulasi foto atau pengeditan gambarBerikut merupakan fitur-fitur yang tersedia di Paint Tool SAI adalah:

1. Layer adalah sebuah kertas, kanvas, bagian yang terpisah. Layer itu ibarat sebuah kertas saat kita menggambar tradisional, namun disini adalah versi digitalnya. Layer disini bisa dipisah gabungkan dengan layer yang lain yang akan membentuk kesatuan gambar yang sempurna.

2. Linework layer disini bisa diartikan sebagai layer/kertas yang digunakan untuk keperluan me-lineart. Linework layer ini memiliki tools yang berbeda dari layer yang biasa karena ini memang dikhususkan untuk memudahkan user untuk membuat garis. Linework layer ini sangat membantu bagi user yang sekiranya menggunakan mouse dan tidak menggunakan pen tablet.

3. Drawing & coloringFitur ini merupakan tools yang terdapat di layer biasa, beberapa diantaranya adalah-Brush, digunakan untuk menggaris atau melukis dengan gaya kuas-Pen/pencil, digunakan untuk menulis atau menggaris-Bucket, digunakan untuk menumpahkan warna pada suatu bidang yang tertutup garis yang memiliki perbedaan warna tertentu-Blur, digunakan untuk membiaskan atau memperhalus warna

4. Selection tool, lasso dan wandFitur ini di digunakan untuk menyeleksi atau mengisolasi suatu bidang yang dipilih. Selection tools terbagi menjadi beberapa jenis seperti-Selection, digunakan untuk menyeleksi berdasarkan area tertentu dengan bentuk segi empat sebagai defaultnya-Lasso, digunakan untuk menyeleksi berdasarkan gerakan kursor yang ditentukan oleh user-Wand, digunakan untuk menyeleksi suatu bidang yang tertutup secara otomatis berdasarkan perbedaan warna tertentu

5. TextFitur text ini digunakan untuk menambahkan text. Fitur ini tidak hadir di Paint Tool Sai 1 namun sudah tersedia di Paint Tool Sai 2

6. Transform (move, resize, rotate, dll)Merupakan fitur yang digunakan untuk mengubah letak, ukuran dan merotasi suatu objek yang diseleksi

7. Paint Effects

8. Fitur pressure-sensitive

Kategori: Software

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?