Sudahkah anda mengenal linux? Linux adalah sistem operasi, sama dengan Windows, iOS, dan Mac OS. Melansir linux.com, sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengelola semua sumber daya perangkat keras yang terkait dengan desktop atau laptop. Sederhananya, sistem operasi mengelola komunikasi antara perangkat lunak dan perangkat keras. Tanpa sistem operasi (OS), perangkat lunak tidak akan berfungsi.

ilustrasi mengenal linux
medium.com

Linux memiliki antarmuka grafis, dan jenis perangkat lunak yang sama dengan yang biasa gunakan, seperti pengolah kata, editor foto, editor video, dan sebagainya. Linux adalah sistem operasi open source yang paling terkenal dan paling banyak di gunakan. Linux adalah perangkat lunak yang berada di bawah semua perangkat lunak lain di komputer, menerima permintaan dari program tersebut dan menyampaikan permintaan ini ke perangkat keras komputer. Linux berbeda dari sistem operasi lain dalam banyak hal penting. Linux adalah perangkat lunak open source. Kode yang digunakan untuk membuat Linux gratis dan tersedia bagi publik untuk di lihat dan di edit. Berdasarkan lisensi open source, Linux tersedia secara bebas untuk siapa saja. Namun, merek dagang atas nama “Linux” ada pada penciptanya, Linux Torvalds.

Komponen Linux

Melansir linux.com, sistem operasi Linux terdiri dari beberapa bagian yang berbeda. Ini meliputi:

Bootloader

Bootloader pada Linux adalah perangkat lunak yang mengatur proses boot komputer. Bagi sebagian besar pengguna, ini hanya akan menjadi layar splash yang muncul dan akhirnya hilang untuk boot ke sistem operasi.

Kernel

Kernel adalah satu bagian dari keseluruhan yang sebenarnya di sebut Linux. ernel adalah inti dari sistem dan mengelola CPU, memori, dan perangkat periferal. Kernel adalah level terendah dari OS.

Init System

dalah sub-sistem yang mem-bootstrap ruang pengguna dan bertanggung jawab untuk mengendalikan daemon. Salah satu sistem init yang paling banyak di gunakan adalah systemd. Ini adalah sistem init yang mengelola proses boot, setelah booting awal di serahkan dari bootloader.

Daemon

adalah layanan latar belakang (pencetakan, suara, penjadwalan, dll.) yang di mulai saat boot atau setelah masuk ke desktop.

Server Grafis

Server grafis adalah sub-sistem yang menampilkan grafis pada monitor. Ini biasanya di sebut sebagai server X atau hanya X.

Desktop Environment

Desktop environment adalah bagian yang benar-benar berinteraksi dengan pengguna. Ada banyak Desktop environment untuk dipilih (GNOME, Cinnamon, Mate, Pantheon, Enlightenment, KDE, Xfce, dll.). Setiap Desktop environment menyertakan aplikasi bawaan (seperti pengelola file, alat konfigurasi, browser web, dan game).

Aplikasi

Desktop environment tidak menawarkan rangkaian lengkap aplikasi. Sama seperti Windows dan macOS, Linux menawarkan ribuan judul perangkat lunak berkualitas tinggi yang dapat dengan mudah di temukan dan di instal. Sebagian besar distribusi Linux modern menyertakan alat seperti App Store yang memusatkan dan menyederhanakan instalasi aplikasi.

Macam Macam Linux

Berikut macam-macam Linux yang sering di gunakan:

Debian

Debian tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang di rilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya, memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel Linux merupakan distribusi Linux yang populer dan berpengaruh.

Ubuntu

Ubuntu dalam Linux adalah distribusi Linux berbasis Debian open source dan di tawarkan dalam tiga edisi resmi yaitu Ubuntu Desktop untuk komputer pribadi, Ubuntu Server untuk server dan komputasi awan, dan Ubuntu Core untuk “internet of things”, perangkat kecil dan robot. Ubuntu terdiri dari banyak paket, kebanyakan berasal dari distribusi di bawah lisensi lisensi software bebas.

Open SUSE

openSUSE di kembangkan secara independen, dengan dukungan komunitas melalui Proyek openSUSE yang di sponsori oleh SUSE dan sejumlah perusahaan lain. openSUSE dapat di gunakan sebagai sistem operasi untuk desktop dan server. openSUSE versi baru di rilis setiap delapan bulan sekali.

Fedora

Fedora adalah sebuah di stro Linux berbasis RPM dan yum yang di kembangkan oleh Fedora Project yang di dukung oleh komunitas pemrogram serta di sponsori oleh Red Hat. Keamanan adalah salah satu fitur penting di Fedora.

Linux Mint

Linux Mint adalah distribusi Linux dengan basis Debian dan Ubuntu, dengan Linux Mint Debian Edition (LMDE) sebagai suatu alternatif yang sepenuhnya berbasis Debian. Aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, dan juga bisa berjalan pada LinuxMint.

CentOS

CentOS (Community ENTerprise Operating System) adalah sebuah distribusi linux sebagai bentuk dari usaha untuk menyediakan platform komputasi berkelas enterprise yang memiliki kompatibilitas kode biner sepenuhnya dengan kode sumber yang menjadi induknya, Red Hat Enterprise Linux (RHEL).

Red Hat

Sistem inti Red Hat, yang di kenal sebagai Red Hat Enterprise Linux, di rancang untuk menjadi distribusi yang stabil dan layak secara komersial. Macam-macam Linux ini awalnya di jual di toko bersama perangkat lunak seperti Microsoft Windows dan versi sistem operasi Macintosh Apple.

Gentoo

Gentoo Linux adalah distribusi Linux yang di bangun menggunakan sistem manajemen paket Portage, di rekomendasikan bagi mereka yang ingin lebih memahami seluk beluk sistem operasi Linux.

Kali Linux

Kali Linux adalah di stro Linux berbasis Debian yang di rancang untuk pengujian penetrasi dan melakukan forensik di gital, di tujukan untuk pakar Keamanan Siber dan siswa yang ingin menjelajahi pengujian penetrasi.

Arch Linux

Arch Linux adalah di stro Linux yang ringan dan fleksibel. Macam-macam Linux ini di rancang untuk pengguna tingkat lanjut atau pakar Linux yang sangat peduli tentang apa yang di instal dan layanan yang berjalan.

Puppy Linux

Puppy Linux adalah sistem operasi dan keluarga distribusi Linux ringan yang berfokus pada kemudahan penggunaan dan jejak memori yang minimal. Dapat di gunakan untuk mengaktifkan komputer lama, sebagai sistem penyelamatan darurat (emergency rescue system), sebagai sistem peragaan Linux, maupun sebagai sistem operasi lengkap.

Mandriva

Mandriva terkenal karena perangkat lunaknya yang mutakhir, rangkaian administrasi yang sangat baik, dan edisi 64-bit. Dari awal hingga versi 8.0, Mandrake menamai produk utamanya dengan nama Linux Mandrake. Sedang versi 8.1 sampai 9.2 di namai Mandrake Linux

Semoga Bermanfaat.

Editor : feliaa


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?