Komputer kuantum adalah alat hitung yang menggunakan sebuah fenomena mekanika kuantum, misalnya superposisi dan keterkaitan, untuk melakukan operasi data. Dalam komputasi klasik, jumlah data dihitung dengan bit, dalam komputer kuantum, hal ini dilakukan dengan qubit. Prinsip dasar komputer kuantum adalah bahwa sifat kuantum dari partikel dapat digunakan untuk mewakili data dan struktur data, dan bahwa mekanika kuantum dapat digunakan untuk melakukan operasi dengan data ini. Dalam hal ini untuk mengembangkan komputer dengan sistem kuantum diperlukan suatu logika baru yang sesuai dengan prinsip kuantum.

Perkembangan Komputer Kuantum

Komputer kuantum diusulkan pada 1980-an oleh Richard Feynman dan Yuri Manin. Intuisi di balik komputasi kuantum berasal dari apa yang sering dilihat sebagai salah satu keadaan memalukan terbesar dalam fisika: kemajuan ilmiah yang luar biasa dihadapkan dengan ketidakmampuan untuk memodelkan bahkan sistem yang sederhana. Mekanika kuantum dikembangkan antara tahun 1900 dan 1925 dan tetap menjadi landasan saat kimia, fisika benda terkondensasi, dan teknologi mulai dari chip komputer hingga pencahayaan LED akhirnya terealisasikan. Namun, terlepas dari keberhasilan ini, bahkan beberapa sistem paling sederhana tampaknya berada di luar kemampuan manusia untuk dimodelkan dengan mekanika kuantum.

Material

Salah satu keunggulan komputer kuantum yang paling utama daripada komputer biasa adalah sifatnya yang dapat mensimulasikan sistem kuantum dengan efisien dan cepat, seperti simulasi molekul, obat-obatan, protein untuk sel kanker, material yang kuat tapi murah, dan lain sebagainya. Dengan ini, diharapkan bahwa komputer kuantum dapat berguna untuk menemukan material-material tersebut dalam waktu relatif singkat.

Bagi pecinta kopi, molekul di atas adalah molekul kafein. Bahkan untuk molekul sesederhana ini, jumlah quantum state-nya sangat besar. Simulasi molekul dengan superkomputer paling hebat di planet ini pun masih terengah-engah.

Machine Learning

Komputer kuantum juga berguna dalam algoritma machine learning, sudah banyak penelitian tentang algoritma kuantum untuk machine learning. Diharapkan dapat digunakan untuk machine learning yang lebih efisien dan cepat, yang nantinya bisa digunakan untuk deteksi penyakit, fraud detection, mobil pintar (akses melalui internet ke komputer kuantum), dan lain sebagainya.

Optimisasi

Ada beberapa masalah komputasi dalam optimisasi yang bisa diselesaikan oleh komputer kuantum dengan sangat cepat. Diharapkan komputer kuantum dalam hal ini berguna untuk optimisasi di bidang finansial untuk optimisasi portofolio dan bidang biologi seperti modifikasi DNA.

cr: diar

Kategori: Technology

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?