MEMULAI KOTLIN

Mengenal lebih jauh kotlin

Tapi apa sih kotlin itu?

Kotlin adalah sebuah bahasa pemrograman dengan pengetikan statis yang berjalan pada Mesin Virtual Java ataupun menggunakan kompiler LLVM yang dapat pula dikompilasikan kedalam bentuk kode sumber JavaScript. Pengembang utamanya berasal dari tim programer dari JetBrains yang bermarkas di Rusia. Selain itu kotlin adalah bahasa pemrograman yang ekspresif dan ringkas serta mengurangi kesalahan umum.

SEJARAH KOTLIN

Kotlin pertama kali rilis pada Juli 2011. Kotlin di kembangkan selama 1 tahun oleh Dmitry Jemerov, penulis buku “Kotlin in action” bersama dengan Svetlana Isakova. Nama kotlin sendiri berasal dari pulau Kotlin di dekat St. Petersburg.  Kotlin menjadi bahasa pemrograman ke 3 yang di dukung android selain Java dan C++. Sejak rilis pada September 2018 yaitu versi 1.3 kotlin memiliki 2 ekstensi file yaitu .kt dan .kts.

Kelebihan Kotlin

Setelah paham apa itu kotlin fitur hingga fungsinya, kamu juga perlu tahu beberapa kelebihan darinya, Sob. Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki bahasa kotlin adalah:

  1. Keamanan Kode Terjamin
  2. Kemungkinan error rendah
  3. Mudah dan ringkas
  4. multiplatform

Kekurangan Kotlin

1. Ketidakstabilan Bahasa Pemrograman

2. Keterbatasan Ahli dan Pengembang

Manfaat Mempelajari Kotlin

Tahukah kamu bahwa kotlin termasuk bahasa pemrograman yang terstruktur? Itu artinya, eksekusi dua kode di waktu berbeda akan tetap memiliki hasil akhir struktur yang sama persis.Hal ini berkaitan dengan pola desain serentak dari kotlin yang dapat menyederhanakan eksekusi kode secara asinkron. Dalam hal ini pola desain dari kotlin mempunyai manfaat terhadap aplikasi yang dihasilkan, yaitu:

1. Ringan

2. Minim Kebocoran Memori

3. Dukungan Pembatalan

4. Integrasi Jetpack

By : AFDHOL


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?