Dalam era komputer dan digital saat ini, pasti anda tidak asing lagi dengan istilah software. Aplikasi seperti microsoft word, adobe premiere, figma, dan blender adalah contoh dari software. Saat ini pengebangan software telah semakin modern dan terbarukan. Tidak hanya itu, ragam model dan fungsinya juga banyak menarik, memberikan kemudahan bagi banyak penggunanya. Tapi pernahkah anda mengulik jauh lebih dalam terkait apa itu software?

Dalam artikel dibawah ini, akan kami coba jelaskan beberapa pertanyaan umum terkait software. Beberapa pertanyaan seperti, apa itu software? Apa saja jenis software? Dan pekerjaan apa saja yang berkaitan dengan software? Merupakan pertanyaan yang paling banyak muncul dalam pencarian. Oleh sebab itu, dengan artikel ini kami ingin menjawab dan mengulas pertanyaan-pertanyaan terkait software tersebut. Mari baca dengan seksama.

Apa itu Software?

Software adalah sekumpulan kombinasi perintah, data, dan instruksi terprogram untuk menjalankan tugas spesifik pada komputer. Software adalah kata berlawanan dari hardware. Jika hardware identik dengan perangkat yang secara fisik dapat disentuh, dan nyata. Software identik dengan objek yang maya dan berada serta dijalankan dalam hardware. Dalam bahasa indonesia, kita mengenal software sebagai perangkat lunak. Sedangkan bahasa indonesia hardware adalah perangkat keras. 

Perangkat lunak hanya bisa dijalankan di dalam komputer atau handphone. Dalam pembuatanya, software dirancang dan dibentuk melalui proses pengetikan kode pemrograman yang dilakukan oleh ahli pemrograman software. Kode pemrograman tersebut merupakan rangkaian dari bahasa pemrograman mekanik. Namun, untuk menciptakan sebuah perangkat lunak, bahasa pemrograman disusun dan dirancang sedemikian rupa untuk dapat membentuk high-level programming languages. Dengan bahasa pemrograman itulah, berbagai data, perintah, dan instruksi dijalankan. 

Fungsi Software             

Tanpa adanya perangkat lunak , sebuah hardware tidak akan pernah bisa digunakan. Berikut fungsi software adalah:

  1. Dasar pengoperasian komputer dan handphone (perangkat keras)
  2. Menghubungkan berbagai interkoneksi hardware dan software
  3. Menerjemahkan perintah serta mengidentifikasi program dalam computer

Editor : azz


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?