Pengertian Mac OS

Macintosh Operating System atau Mac OS adalah sistem operasi GUI pertama besutan Apple Inc. yang di gunakan untuk mengoperasikan komputer Macintosh. Sebagai sistem operasi, ketenaran MacOS memang masih kalah jika di bandingkan dengan Windows. Namun jangan salah karena ternyata sistem operasi MacOS ini menjadi yang pertama kali dalam hal penggunaan GUI atau Graphical User Interface loh!

ilustrasi mac os
Teknoding

Sejarah Mac OS

Sistem operasi MacOS atau Macintosh Operating System pada awalnya di namakan OS X oleh perusahaan pengembangnya yakni Apple Inc. Mendengar nama Apple ini mungkin sebagian orang tidak menyangka karena memang lebih identik pada produk smartphone dengan iOS sebagai sistem operasinya.

Namun ternyata sebagai salah satu perusahaan raksasa penyedia berbagai macam perangkat lunak, Apple Inc juga turut andil dalam meluncurkan sistem ini untuk pertama kali pada tahun 1986. Dengan penggunaan desain yang elegan penciptaan MacOS juga melibatkan orang – orang penting yakni Bill Atkinson, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld.

Jef Raskin sebagai salah satu orang yang terlibat juga turut andil dalam pemberian nama Macintosh ini yang diambil dari jenis apel kesukaannya. Setelah kemunculannya pertama kali pada tahun 1986, MacOS mengalami beberapa kali pengembangan atau update, bahkan sempat berganti nama menjadi MacOS X server pada tahun 2001 yang menjadi penerus dari MacOS 8 dan MacOS 9. Penggunaan “X” ini juga di tafsirkan beberapa pihak menjadi sebuah kewajiban karena penggunaan basis Unix dalam pembuatannya.

MacOS X server pada dasarnya memang mirip dengan versi aslinya. Namun dengan catatan bahwa dalam mencakup keperluan piranti lunak untuk keperluan manajemen dalam komputer dengan skala lebih besar. Selain itu masih ada fitur – fitur tambahan lain yang di sediakan seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS dengan lisensi OS yang juga berbeda.

Kelebihan dan Kekurangan Mac OS

Kelebihan Mac OS

  1. Penggunaan GUI (Graphical User Interface) pada MacOS menjadikan tampilannya lebih menarik dan elegan sehingga sangat cocok untuk keperluan desain serta multimedia.
  2. Penggunaan basis UNIX yang di terapkan menjadikan pemakaiannya lebih stabil serta dalam segi keamanan juga sangat terjamin.
  3. Kompatible bagi semua sistem operasi. Artinya anda tidak perlu khawatir jika membuat dokumen dalam format tertentu seperti PDF, HTML, MP3, TEXT, DOC, XLS dll.Karena MacOS bisa juga di jalankan pada sistem operasi lain.
  4. Dari segi kemudahan penggunaan juga cukup terjamin karena anda secara langsung dapat mencoba sekaligus belajar mengenai cara penggunaannya. Selain itu support hardware pada sistem ini juga cukup jelas.
  5. Untuk mencari data dalam harddisk, penggunaan internet juga sangatlah mudah dan dapat di lakukan dengan memasukkan kata kunci.
  6. Kemampuan dalam hal backup system juga sangat baik dan dapat di lakukan secara otomatis. Sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan perubahan – perubahan yang terjadi pada data tidak tersimpan.

Kekurangan Mac OS

  1. MacOS masih memiliki banyak kekurangan, salah satunya adalah harga yang cukup tinggi. Mengingat pihak Apple sendiri juga selalu memberikan harga tinggi pada semua produknya termasuk juga sistem operasi ini.
  2. Lebih cenderung di gunakan hanya pada keperluan desain grafis saja, bahkan sistem ini tidak mensupport keperluan gaming.
  3. Pada suatu komputer sistem ini tidak bisa di gunakan bersamaan dengan sistem operasi lain. Tidak seperti Windows yang juga mampu menjalankan Linux meskipun dalam pengemasan VirtualBox..
  4. Pihak Apple sebagai pengembang tidak memberikan lisensi kepada semua perusahaan yang ingin hardwarenya mensupport MacOS. Oleh karena itu MacOS tidak bisa di rakit sendiri oleh siapapun.

Semoga Bermanfaat.

Oleh : felia


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?