Pengertian RAM

Sebuah komputer pastinya sangat membutuhkan media penyimpanan sebagai wadah untuk menyimpan semua data dan semua perintah pun membutuhkan ruang penyimpanan yang di sebut penyimpanan sementara. Nah apa kaitan ruang penyimpanan dengan RAM dan ROM, apa perbedaannya ? Tenang saja pertanyaan ini akan terjawab karena artikel dosenpintar.com.

Fungsi RAM

Adapun fungsi dari RAM berdasarkan secara umum terbagi menjadi dua yang akan kita uraikan yaitu, sebagai berikut.

1.Membaca Data

Data yang terdapat dalam sebuah harddisk akan lebih mudah di akses dengan adanya perangkat RAM, lebih tepatnya saat membuka sebuah file saat komputer telah lama beroperasi akan lebih mudah dan cepat di banding komputer yang baru saja di hidupkan karena file belum terbaca oleh RAM.

2.Penyimpanan Sementara

Sebagai media penyimpanan sementara maksudnya tempat tersimpannya instruksi dari program yang sedang berjalan, sebagai contoh saat sedang menyusun makalah, file nya akan tersimpan sementara di RAM, namun akan lebih baik jika di simpan secara permanen di dalam harddisk.

Cara Kerja RAM

RAM bekerja sebagai media penyimpanan sementara, dan berikut merupakan runtutan cara kerja perangkat RAM dalam sebuah sistem kerja komputer.

  • Perintah di tampung di perangkat Processor
  • RAM sebagai penyedia data membantu processor
  • Kemudian RAM akan langsung terhubung kepada perangkat CPU
  • CPU memproses da menyiman semua data atau instruksi di layar monitor
  • Instruksi dan data ini tersimpan secara sementara di dalam RAM.

Pengertian ROM

ROM singkatan dari Read Only Memory merupakan media penyimpanan di dalam sebuah komputer dengan kemampuan menyimpan semua data dan intruksi program secara permanen sekalipun perangkat komputer mati, termasuk perangkat keras komputer dengan bentuk chip memori semi konduktor yang hanya bisa di baca saja, bukan hal mudah menyimpan instruksi di dalam ROM, umumnya ROM sebagai media penyimpanan default sistem atau program firmware.

Fungsi ROM

ROM berfungsi sebagai media penyimpanan firmware atau perangkat lunak komputer, seperti ROM BIOS (Basic Input Output Sistem), serta menyimpan semua program default dari komputer, ROM ini memiliki fungsi yang hanya bisa di baca, karena dalam pengisian atau jika akan melakukan perubahan hanya bisa di lakukan sekali selama masa pemakaian atau penggunaan.

Cara Kerja ROM

Cara kerja ROM adalah dengan pengguna komputer memasukkan semua program default kedalam chip memori ROM serta ROM secara otomatis menyimpan program secara permanen dan tidak dapat di hapus menjadi output device. Sebagai pengetahuan, ROM tidak bisa di utak atik karena pengisian ROM hanya sekali selama pemakaian.

Oleh : Etif Haryanti


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?