Manfaat jaringan Wi-Fi 6 akan memiliki dampak besar bagi kehidupan manusia. Mengingat kebutuhan Internet berkecepatan tinggi makin besar untuk aplikasi, games dan video di laptop maupun ponsel.

Wi-Fi 6 adalah generasi berikutnya dari Wi-Fi, yang mulai hadir tahun ini. Fungsinya masih sama, menghubungkan pada internet. Dengan banyak tambahan teknologi yang akan membuat pengalaman anda di Internet lebih efisien dan cepat seperti terkutip The Verge.

Seberapa Cepat?

Wi-Fi 6 menawarkan kecepatan 9,6 Gbps, meningkat dari Wi-Fi 5 yang cuma 3,5 Gbps. Kecepatan 9,6 Gbps itu tidak harus masuk ke hanya satu komputer, tetapi dapat terbagi ke seluruh jaringan perangkat. Jadi, lebih banyak potensi kecepatan untuk setiap perangkat.

Alih-alih meningkatkan kecepatan untuk masing-masing perangkat, Wi-Fi 6 meningkatkan jaringan ketika sekelompok perangkat terhubung.

Pada awalnya, kecepatan koneksi Wi-Fi 6 tidak akan lebih cepat dari Wi-Fi sebelumnya. Wi-Fi 6 terhubung ke router Wi-Fi 6 hanya sedikit lebih cepat, daripada laptop Wi-Fi 5 .

Namun, keadaan akan berubah ketika banyak perangkat yang terhubung ke jaringan Anda. Router yang ada pun akan makin kewalahan oleh permintaan dari banyak perangkat.

Karena itu, router Wi-Fi 6 merancang untuk lebih efektif menjaga semua perangkat dengan data yang mereka butuhkan.

Bagaimana mendapatkan Wi-Fi 6?

Untuk bisa menikmati Wi-Fi 6, Anda harus beli perangkat baru. Generasi Wi-Fi mengandalkan perangkat baru, bukan hanya pembaruan software. Ada dua teknologi utama yang membuat koneksi Wi-Fi 6 lebih cepat yakni MU-MIMO dan OFDMA. MU-MIMO, yang merupakan singkatan dari “multi-pengguna, banyak input, banyak output”. Teknologi ini memungkinkan router untuk berkomunikasi dengan beberapa perangkat pada saat yang bersamaan. Saat ini, MU-MIMO memungkinkan router untuk berkomunikasi dengan empat perangkat sekaligus.

Hemat baterai

Manfaat jaringan Wi-Fi 6 lainnya adalah bisa menghemat baterai. Alasannya, teknologi Wi-Fi memungkinkan perangkat untuk merencanakan komunikasi dengan router. Mengurangi jumlah waktu yang mereka butuhkan untuk menjaga antena mereka tetap menyala untuk mengirim dan mencari sinyal.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?