Li-Fi teknologi terbaru jaringan internet adalah jaringan internet nirkabel yang juga berfungsi untuk memberikan Anda akses jaringan internet. Hingga saat ini, teknologi Li-Fi masih dalam tahap ujicoba. Namun,diprediksi Li-Fi akan menyaingi ketenaran Wi-Fi. Li-Fi mampu mengirimkan data dengan super cepat yaitu 1Gbps atau 1 Gigabyte per second.

teknologi baru jaringan internet li-fi akan bekerja 100 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan Wi-Fi.
Li-Fi sudah disematkan pada perangkat wireless di Estonia. Li-Fi diujicobakan melalui startup bernama Velmenni. Oleh startup tersebut, jaringan ini dipasang di beberapa lokasi strategis seperti kantor dan pusat industri.

Uniknya, teknologi terbaru ini menggunakan bohlam LED. Bohlam LED digunakan untuk wadah saat data ditransfer. Bohlam akan memberi tanda dengan kedipan lampu hanya dengan hitungan nano seconds.
Karena super cepat maka kedipan lampu tersebut tidak akan mampu terlihat oleh mata manusia. Sebenarnya, teknologi terbaru ini sudah dikembangkan sejak 2011 oleh professor yang bekerja di Universitas Edinburg.
 
Perbedaan lain antara Wi-Fi dan Li-Fi adalah jangkauan jaringannya. Jangkauan jaringan Wi-Fi ternyata masih lebih luas karena bisa menembus dinding. Di sisi lain, Li-Fi memang memiliki jaringan yang sangat cepat namun jangkauannya masih terbatas hanya di satu ruangan saja.

Yang membuat jaringan terbatas tersebut adalah soal keamanan yang akan sulit untuk ditembus. Walaupun masih memiliki jangkauan jaringan yang terbatas namun teknologi ini dinilai akan menjadi teknologi yang ramah lingkungan dan efisien.
 
Pasalnya, perangkat nirkabel ini memiliki fungsi yang tidak hanya memberikan jaringan internet saja. Bohlam LED yang digunakan untuk memfasilitasi jaringan internet tersebut juga tetap bisa digunakan untuk lampu LED biasa.
 
Memang belum diketahui kapan Li-Fi akan dirilis dan digunakan secara masal. Namun, Li-Fi akan terus dikembangkan guna menyambut era IoT atau Internet of Things. Bayangkan saja jika sampai Li-Fi benar-benar sudah bisa digunakan secara masal.

 

 

 

 

 
 

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?