Hardware adalah perangkat komputer yang dapat disentuh dan memiliki fungsi untuk menjalankan komputer. Hardware dibagi menjadi empat bagian yaitu input device, output device, processing device dan storage device. 

Komponen Input Device (Perangkat Masukan)

Input device adalah perangkat masukan, dimana pengguna bisa memasukan informasi dari perangkat komputer ini, beberapa bentuk input device :mouse, keyboard, webcam dan juga scanner. 

Perangkat ini dikategorikan input device karena fungsinya bertujuan untuk memasukan perintah dan data, berbagai data bisa dimasukan dengan keybord dengan menekan tombol, dan menggerakan cursor dari mouse. 

Data harus di input terlebih dahulu lalu diolah sehingga menjadi informasi penting untuk pengguna, oleh sebab itu dibutuhkan alat yang berfungsi untuk gerbang dari dunia luar masuk ke dalam sistem komputer. 

Komponen Processing Device (Perangkat Proses) 

Processing device atau perangkat proses adalah perangkat yang berguna untuk mengolah banyak data yang berasal dari perangkat masukan (Input device). Beberapa contoh perangkat proses adalah CPU (Central Processing Unit), mother board, RAM, ROM, Hardisk. 

Komponen Output Device (Perangkat Keluaran) 

Output Device adalah perangkat yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil dari data yang telah diproses. Contoh dari output device ini adalah monitor, printer, headphone, speaker, webcam dan mikrofon. 

Komponen Storage Device (Perangkat Penyimpanan) 

Storage Device adalah perangkat penyimpanan data yang sudah di proses. Storage device terdiri dari dua jenis yaitu internal storage dan eksternal storage. 

Contoh dari internal storage adalah harddisk dan SSD. Sedangkan external storage misalnya adalah harddisk eksternal, CD, DVD dan flashdisk. 

Kategori: Hardware

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?