Sumber: Selular.ID

Android dan iOS masing-masing memiliki keunggulan tersendiri yang ditawarkan kepada para pengguna perangkat dan membiarkan mereka memilih platform mana yang lebih disukai.
Keduanya menawarkan berbagai fitur premium dan pada beberapa titik, terkadang iOS memiliki fitur unggulan dibandingkan dengan Android, begitu pun sebaliknya.

Dilansir dari Android Authority, berikut lima keunggulan iOS dibandingkan dengan Android :

1. Performa Lebih Cepat dan Mulus

               iOS memiliki kinerja lebih baik daripada Android, setelah penggunaan perangkat jangka panjang. Hal itu didukung oleh prosesor buatan Apple yang lebih personal dan hanya berfokus pada produk-produk Apple.

Berbeda dengan Android yang banyak memiliki prosesor, OEM-nya dapat mengoptimalkan perangkat lunak untuk ponsel sesuka hati.

Ekosistem tertutup Apple, membuat integrasi lebih ketat. Semuanya dalam optimasi antara perangkat keras dan perangkat lunak karena Apple mengontrol produksi dari awal hingga akhir, sehingga dapat memastikan sumber daya digunakan lebih efisien.

2. UI Lebih Mudah Dioperasikan

            Para penggemar Apple menyukai kesederhanaan dalam sistem operasi iOS. Berbeda dengan Android, para vendor smartphone membuat antarmuka yang jauh lebih beragam sehingga terkadang menyulitkan.

Dengan iOS, pengguna dapat membuat halaman beranda dengan baris dan kolom ikon yang dapat diatur sesuai keinginan tanpa adanya laci aplikasi.

 

3. Pembaruan tepat waktu

Mengingat iOS hanya diciptakan untuk perangkat Apple, perusahaan dapat meluncurkan pembaruan perangkat lunak tepat waktu jika perangkat iOS pengguna memenuhi syarat pembaruan.

Di Android, Google umumnya meluncurkan versi Android terbaru ke ponsel Pixel terlebih dahulu, sementara para produsen smartphone Android lain harus menunggu pembaruan dan mengoptimalkannya untuk perangkat mereka lalu merilisnya kepada pengguna.

4. Software Update Lebih Cepat & Terjadwal

            Software update tentu menjadi salah satu hal penting yang dibutuhkan oleh suatu perangkat smartphone untuk menghilangkan bug ataupun untuk meningkatkan performa.

Meskipun hal ini hadir juga di HP dengan sistem operasi Android, namun iOS dikenal lebih cepat dan terjadwal dalam hal pemberian update ini, geng.

HP dengan sistem operasi iOS akan segera mendapatkan software update ketika perangkat tersebut memang telah memenuhi kualifikasi untuk mendapatkan pembaruan iOS.

Sementara, Android harus menunggu beberapa lama hingga akhirnya software update tersebut bisa digunakan oleh para penggunanya.

Bukan cuma soal cepat saja, pembaruan iOS juga lebih terjadwal di mana Apple setiap tahunnya selalu rutin menghadirkan iOS versi terbaru yang biasanya dirilis berbarengan dengan produk HP terbaru mereka.

5. Ekosistem Apple

            Apapun produk Apple seperti iPhone, iPad, Apple TV, Apple Watches, dan Mac semuanya terintegrasi dengan iCloud, iMessege, FaceTime dan layanan in-house lainnya. Segalanya tersedia secara default di dalam kotak perangkat.

Namun, perangkat Android terkadang tidak memberikan layanan default yang mampu meningkatkan pengalaman pengguna. Sebagai contoh adalah komputasi awan. Umumnya, pengguna harus mengunduh aplikasi terpisah di dalam Google Play Store.

Di sisi lain, Apple App Store secara signifikan dikuratori dan diawasi lebih baik daripada Google Play Store. Pengguna dapat menginstal aplikasi melalui daftar pemeriksaan dan prosedur yang panjang dan mahal, tetapi aplikasi iOS memiliki kualitas keamanan yang baik dan umumnya lebih sedikit iklan.

 

Nah, itulah tadi beberapa alasan kenapa sistem operasi iOS dikatakan lebih unggul dari Android.

Walaupun sebenarnya ada banyak alasan subjektif untuk membicarakan keunggulan dari masing-masing OS, namun jika sudah berfokus pada core service yang ditawarkan, Apple memang lebih baik dari Android.

Edit : ramactx

 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?