Kesempatan Javascript Untuk Karir Masa Depan

Dalam hal dunia IT, tentu tidak luput dengan namanya Programming dan seorang yang memprogram sesuatu disebut dengan Programmer. Tentu seorang Programmer menguasai bahasa pemrograman, salah satu bahasa pemrograman yang banyak dipakai dalam membuat web menjadi dinamis adalah JavaScript.  JavaScript digunakan oleh programmer di seluruh dunia untuk membuat konten web yang dinamis dan interaktif seperti aplikasi dan browser. JavaScript sangat populer sehingga menjadi bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di dunia, digunakan sebagai bahasa pemrograman sisi klien oleh 97,0% dari semua situs web.

Seorang programmer JavaScript adalah seseorang yang menggunakan JavaScript untuk membuat aplikasi web. JavaScript adalah skrip yang dibuat oleh programmer untuk membuat situs web yang lebih interaktif dibanding tidak menggunakannya. dengan demikian masifnya JavaScript digunakan oleh Web Developer di seluruh dunia, tentu ini membuka peluang kerja yang lebih tinggi jika kita mampu menguasai bahasa pemrograman ini. Tidak diragukan lagi bahwa bidang karir programmer JavaScript sedang berkembang.

JavaScript adalah bahasa multi-paradigma yang mendukung gaya pemrograman yang digerakkan oleh peristiwa, fungsional, dan imperatif (termasuk berorientasi objek). JavaScript pada awalnya hanya digunakan untuk sisi klien. Namun, akhir-akhir ini, JavaScript juga digunakan sebagai bahasa pemrograman sisi server. Untuk meringkas, hanya dalam kalimat sederhana – JavaScript adalah bahasa web. Javascipt digunakan bersama Framework dan Framework JavaScript adalah bagian penting dari pengembangan web front-end modern, menyediakan pengembang dengan alat yang telah dicoba dan diuji untuk membangun aplikasi web interaktif, Oleh karena itu penting untuk menguasai Framework Javascript untuk mendapat peluang yang lebih besar.

JavaScript dengan cepat menjadi bahasa pemrograman paling digemari di kalangan Developer. Lebih dari itu, JavaScript adalah masa depan dalam dunia pengembangan website. Bahasa tersebut sering digunakan untuk menciptakan efek khusus pada tampilan web. JavaScript berinteraksi dengan HTML, CSS dan data untuk mengatur warna, ukuran, dan bentuk. Yang lebih penting lagi, kini browser dapat menerima data dari pengunjung web dan konten dapat diunggah tanpa refresh halaman web. Dengan JavaScript, banyak experience baru dinikmati oleh pengunjung web.

Tugas programmer JavaScript adalah menggunakan keterampilan pemrograman untuk membuat situs web interaktif. Anda juga dapat menggunakan  JavaScript  untuk membuat game, menanggapi masukan pengguna, dan mencatat informasi akun seperti nomor dan alamat kartu kredit. Anda dapat menggunakan JavaScript  untuk membuat toko online  yang ditambahkan secara dinamis saat Anda mengklik suatu produk. Programmer juga dapat meminta mereka untuk bekerja pada platform kolaborasi seperti: Situs berbagi foto atau situs  obrolan video. Masa depan tampak cerah bagi programmer JavaScript, terutama mereka yang berspesialisasi dalam kerangka kerja pemrograman seperti jQuery, React JS Node JS dan sejenisnya. Permintaan akan programmer yang dapat membuat aplikasi web dinamis semakin meningkat, dan dengan itu kebutuhan programmer JavaScript juga bertambah. 

Jika anda tertarik untuk menjadi programmer JavaScript, Anda dapat memulai dengan mengambil beberapa kelas pemrograman atau coding bootcamp, kemudian beralih ke topik yang lebih maju seperti kerangka kerja JavaScript dan jQuery untuk mendapatkan pengalaman yang dicari oleh pemberi kerja. Selain itu, banyak orang yang sudah memiliki satu atau dua gelar di bidang komputer memutuskan untuk meningkatkan kemampuan bahasa pemrograman mereka dengan mengambil satu atau dua kelas kursus Javascript. Tidak perlu khawatir jika anda tidak mempunyai gelar di bidang komputer, karena dengan bantuan internet dan keseriusan anda dalam belajar saja itu mungkin sudah cukup untuk mempelajari JavaScript atau bahasa pemrograman yang lain.

Editor : Abdillah Ridho


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?