Kerentanan Ancaman Keamanan Jaringan

Gagasan tentang “kerentanan” pada Internet telah muncul di TV dan media dengan frekuensi yang tinggi. Ancaman terhadap kerentanan sistem jaringan internet ini memang semakin populer dan variatif pula jenis serangannya.

Anda mungkin pernah melihat berita utama seperti “informasi pelanggan dari perusahaan ABC bocor” atau “data pribadi 1.000.000 pelanggan kartu kredit bocor karena serangan siber.” Bagi layanan berbasis Internet, hal ini selalu menjadi sebuah ancaman. Faktanya, ini bukan lagi hanya masalah bagi perusahaan besar saja. Tetapi, usaha kecil dan menengah (UKM) pun telah menjadi target dari serangan siber yang memanfaatkan celah pada sistem.

Apa Itu Kerentanan?

Kerentanan dalam konteks ini adalah kelemahan keamanan dalam sebuah program software atau jaringan/sistem komputer. Anda mungkin akan mengatakan, “Yah, mengapa mereka tidak menciptakan keamanan yang lebih baik dengan membuat software yang tanpa kerentanan?”

Sayangnya, hal ini praktis tidak mungkin. Karena kode komputer yang digunakan untuk membuat sebuah software sangat banyak, dan rangkaian kode-kode itu ditulis oleh tangan manusia. keamanan website mereka yang lemah.

Eksploitasi Kerentanan: Dampaknya

Serangan siber yang berhasil mengincar kelemahan sebuah jaringan atau software yang tidak ditangani dengan baik, dapat menyebabkan dampak yang sangat parah. Misalnya seperti kebocoran informasi pribadi atau perusakan situs web itu sendiri. Namun, akibat dari serangan tersebut bisa lebih merusak dan lebih sulit untuk diperbaiki. Kerentanan yang terdapat pada sistem keamanan Anda dapat mengurangi kepercayaan pelanggan, menimbulkan reputasi negatif, dan beresiko mematikan bisnis Anda.

Tindakan pencegahan

• Perbanyak pengetahuan Anda Pertama-tama, yang paling penting adalah memiliki informasi terbaru dan akurat tentang keamanan dan kerentanan yang sedang trend.

• Lakukan pembaruan sistem secara berkala Selalu perbarui sistem operasi (OS) dan perangkat lunak Anda. Tidak hanya melakukan peningkatan, tetapi juga memperbaiki bug dan kerentanan yang belum tertangani dengan baik.

• Gunakan layanan dengan penanggulangan kerentanan yang kuat. Meskipun dua hal diatas sangat penting, Anda juga dapat menggunakan layanan perlindungan yang kuat terhadap kerentanan. Salah satunya adalah web application firewall.

Editor: HPhyton


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?