Macintosh Operating System atau Mac OS adalah sistem operasi GUI pertama besutan Apple Inc. yang digunakan untuk mengoperasikan komputer Macintosh.

Mac OS Start Up

Sumber : https://www.versionmuseum.com/images/operating-systems/classic-mac-os/webp/classic-mac-os%5E1997%5Esystem-8-welcome-screen.webp

Sistem operasi Mac OS ini menjadi yang pertama kali dalam hal penggunaan GUI atau Graphical User Interface. Selain digunakan pada perangkat komputer, Mac OS juga bisa diinstall di smartphone atau gadget lain sesuai ketentuan atau spesifikasi yang berlaku.

Anggapan bahwa MacOS ini merupakan merupakan bagian dari Unix sama halnya seperti Linux muncul karena penggantian nama menjadi OS X dan Mac OS X server. Selain itu penggunaan kernel BSD yang ada pada Mac OS X server juga menjadi faktor lain yang semakin menguatkan anggapan tersebut.

Kelebihan Mac OS

  1. Penggunaan GUI (Graphical User Interface) pada Mac OS menjadikan tampilannya lebih menarik dan elegan sehingga sangat cocok untuk keperluan desain serta multimedia.
  2. Penggunaan basis UNIX yang diterapkan menjadikan pemakaiannya lebih stabil serta dalam segi keamanan juga sangat terjamin (bebas dari virus, spyware dan malware).
  3. Kompatibel bagi semua sistem operasi. Artinya anda tidak perlu khawatir jika membuat dokumen dalam format tertentu seperti PDF, HTML, MP3, TEXT, DOC, XLS dan lainnya di MacOS karena bisa juga dijalankan pada sistem operasi lain.
  4. Dari segi kemudahan penggunaan juga cukup terjamin karena anda secara langsung dapat mencoba sekaligus belajar mengenai cara penggunaannya, selain itu support hardware pada Mac OS juga cukup jelas.
  5. Untuk mencari data dalam harddisk, penggunaan internet juga sangatlah mudah dan dapat dilakukan dengan memasukkan kata kunci.
  6. Kemampuan dalam hal backup system juga sangat baik dan dapat dilakukan secara otomatis sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan perubahan – perubahan yang terjadi pada data tidak tersimpan.
  7. Dan masih banyak lagi

Kekurangan Mac OS

  1. Dibalik semua keunggulan yang ditawarkan ternyata MacOS masih memiliki banyak kekurangan, salah satunya adalah harga yang cukup tinggi mengingat pihak Apple sendiri juga selalu memberikan harga tinggi pada semua produknya termasuk juga sistem operasi Mac OS.
  2. Sistem operasi Mac OS memang lebih cenderung digunakan hanya pada keperluan desain grafis saja, bahkan sistem ini tidak mensupport keperluan gaming.
  3. Pada suatu komputer Mac OS tidak bisa digunakan bersamaan dengan sistem operasi lain, tidak seperti Windows yang juga mampu menjalankan Linux meskipun dalam pengemasan VirtualBox.
  4. Pihak Apple sebagai pengembang juga tidak pernah memberikan lisensi kepada semua perusahaan yang ingin hardwarenya mensupport MacOS, sehingga tidak bisa dirakit sendiri oleh siapapun.

Editor : Hidayat


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?