Perangkat penyimpanan di komputer digunakan untuk penyimpanan seluruh data dan program aplikasi yang ada. Penyimpanan ini dilakukan supaya suatu saat nanti pengguna bisa membuka dan menggunakannya kembali.

Primary storage atau penyimpanan utama

Komputer biasanya menggunakan RAM (Random Access Memory) sebagai alat penyimpanan utamanya, baik data ataupun program aplikasi. RAM diukur dengan satuan megabytes atau MB, satu juta byte atau setara dengan satu juta karakter, dan gigabyte (GB). RAM jauh lebih mudah dan cepat diakses dibanding jenis perangkat penyimpanan lainnya.

Secondary storage atau penyimpanan kedua

Walau RAM jauh lebih mudah dan cepat diakses, terkadang perangkat penyimpanan ini tidak stabil sehingga tetap membutuhkan perangkat secondary storage. Contoh secondary storage adalah hardisk dan flash memory.

Selain dua jenis perangkat penyimpanan tersebut, masih ada tiga jenis perangkat penyimpanan lainnya, yakni:

Perangkat penyimpanan magnetik

Contoh perangkat penyimpanan magnetik diantaranya disket, floppy disk serta hard disk. Jenis perangkat penyimpanan sering digunakan di berbagai jenis komputer dan termasuk secondary storage.

Perangkat penyimpanan optik

Contohnya perangkat penyimpanan ini adalah CD atau Compact Disk, CD-ROM dan CD-RW. Perangkat ini hanya bisa dibaca dengan menggunakan laser optik atau laser bertenaga rendah.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?