Setelah mengetahui pengertian software, selanjutnya memahami beberapa fungsi utamanya agar Anda dapat dengan mudah memahami dan mengaplikasikannya. Berdasarkan pengertiannya, berikut fungsi perangkat lunak:

Sistem Operasi 

Operating system digunakan untuk mengelola dan mengkoordinir tiap komponen yang ada pada komputer. Contohnya seperti, Windows, UNIX, DOS, Linux, dll.

Bahasa Pemrogaman

Merupakan jenis perangkat lunak yang difungsikan memberikan instruksi standar melibatkan sistematika sintak dan semantic untuk kebutuhan identifikasi suatu program aplikasi komputer. Contohnya, PHP, Microsoft Virtual Basic, Java script.

Program Aplikasi

Jenis perangkat lunak memiliki fungsi tertentu, misalkan perangkat lunak untuk presentasi, perangkat lunak penentu primer RNA, dll. Contohnya, Ms. Office, MYOB, NCBI, Primer3web, Clustawl Omega, OpenOffice.ord, dan masih banyak lagi.

Spesifikasi Perangkat Lunak/Software

Berikut beberapa spesifikasi perangkat lunak yang dapat mendukung pengoperasian komputer:

  • Sistem Operasi Mesin Server: Seperti Solaris, Ms. Windows Server, Free BSD, Varian OS Linux untuk server (Caldera, Debian, Mandrake, dll).
  • Menunjang Aplikasi Jaringan Komputer: Seperti DSN server, database server, remote desktop, web server, dll.
  • Aplikasi Lalu Lintas Jaringan: Seperti routing atau proses pengiriman data/informasi dengan meneruskan paket data ke sebuah jaringan satu ke jaringan lain.

Beberapa Contoh Perangkat Lunak/Software

Agar lebih memahami seluk beluk pengertian software, berikut beberapa contoh yang mungkin tak asing Anda temui:

  • Microsoft Office Word: aplikasi yang digunakan untuk mengetik dan mengetik teks atau tulisan yang ditampilkan dalam kertas.
  • Microsoft Office Powerpoint: aplikasi digunakan sebagai media presentasi dengan menghadirkan poin-poin penting dan ringkas agar mudah dijabarkan.
  • Microsoft Excell: digunakan untuk mengedit dan membuat dokumen dalam tampilan kolom, beberapa rumusnya dapat digunakan sebagai media berhitung cepat.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai software. untuk membangun sebuah software Anda memerlukan infrastruktur cloud yang memberikan Anda kebebasan berupa fleksibilitas dan skalabilitas yang tinggi.

Coba sign up sekarang dan jelajahi apa yang bisa Anda lakukan pada Dashboard Cloud Raya dan miliki pengalaman kebebasan dalam membangun infrastruktur cloud .

https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fportaljember.pikiran-rakyat.com%2Fiptek%2Fpr-163456796%2Fmemahami-software-atau-perangkat-lunak-pada-komputer-fungsi-dan-macam-macam-contoh-aplikasinya&psig=AOvVaw3Qccgwca4riyLpz2JHsfIh&ust=1650032897311000&source=images&cd=vfe&ved=0CAkQjRxqFwoTCPjxgejhk_cCFQAAAAAdAAAAABAD

Editor : azz.



0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?