Gangguan Keamanan Jaringan

Ada beberapa jenis gangguan keamanan jaringan yang perlu Anda ketahui. Berikut daftarnya :

1. Hacking

Hacking adalah suatu bentuk perbuatan atau usaha yang menggunakan komputer untuk mempunyai akses data yang secara tidak sah atau secara diam-duam atau tanpa isin di Komputer user sendiri atau komputer lain untuk digunakan atau dirubah. Atau bisa juga disebut sebagai perusakan pada infrastruktur jaringan komputer yang sudah ada. Misalnya perusakan pada sistem suatu server.

2. Carding

Yaitu pencurian data terhadap identitas perbankan seseorang. Misalnya pencurian nomor kartu kredit yang digunakan untuk memanfaatkan saldo dari rekening tersebut untuk berbelanja online.

3. Deface

Deface website adalah ulah peretas yang masuk ke sebuah website dan mengubah tampilannya. Perubahan tersebut bisa meliputi semua halaman atau di bagian tertentu saja.

4. Physing

Pengelabuan dalam istilah komputer adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi yang sensitif, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai seseorang atau pebisnis tepercaya melalui komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan. Singkatnya yaitu pemalsuan data resmi dilakukan untuk hal yang berkaitan dengan pemanfaatannya.

Tips Keamanan Jaringan

Untuk menjaga keamanan jaringan Anda, ikuti tips berikut ini:

1. Pasang AntiVirus yang sesuai dengan kebutuhan, yang fungsinya untuk mencegah berbagai macam virus komputer yang dapat merusak komputer dan menghilangkan data-data penting.

2. Update komputer secara rutin. Software yang terinstal pada komputer perlu untuk diperbarui demi menjaga keamanan komputer.

3. Jangan sembarangan membuka website yang tidak jelas, seperti situs-situs bajakan yang didalamnya terdapat virus pathogen yang dapat menyebar ke perangkat komputer.

4. Sebaiknya berhati-hati saat ingin mengunduh file dari internet, karena bisa jadi juga terdapat virus atau malware didalamnya.

Editor : usxtn


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?