Hingga saat ini, Microsoft telah meluncurkan 14 versi sistem operasi Windows sejak tahun 1985. Mulai dari Windows 1 hingga Windows 11. Di bawah ini adalah rangkuman dari setiap versi Windows yang diluncurkan oleh Microsoft.

  1. Windows 1 (1985)

Windows 1 adalah sistem operasi pertama yang diluncurkan oleh Microsoft pada bulan November 1985. Sistem operasi ini berbasis GUI atau Graphical User Interface. Sebagai sistem operasi berbasis GUI pertama, banyak hambatan yang terjadi saat proses pengembangan sistem OS ini. Sehingga, versi sistem operasi ini dinilai kurang sukses.

  • Windows 2 (1987)

Windows 2 dirilis pada tanggal 9 Desember 1987 sebagai hasil dari kurang suksesnya versi Windows sebelumnya, yaitu Windows 1. Sama seperti Windows 1, Windows 2 juga masih berbasis GUI. Sebagai peningkatan dari versi sebelumnya, Windows 2 hadir dengan kelebihan telah mendukung penggunakan kartu grafis VGA.

3.      Windows 3 (1990)

Apakah Anda ingat dengan permainan kartu Solitaire? Game tersebut merupakan salah satu inovasi yang dihadirkan pertama kali di OS Windows 3 sekitar 30 tahun silam. Selain itu, Windows 3 juga menjadi seri pertama yang berhasil berkompetisi langsung dengan penjualan Commodore Amiga ataupun OS Macintosh milik Apple.

Untuk versi ini, Microsoft juga sudah membekali Windows dengan dukungan 256 warna sehingga jauh lebih interaktif dibandingkan sebelumnya.

4.      Windows 3.1 (1992)

Sistem operasi Windows 3.1 adalah versi pertama yang didistribusikan menggunakan perangkat CD-ROM. Pengenalan sistem operasi ini dibumbui dengan adanya penambahan game Minesweeper yang memerlukan RAM 1MB, kehadiran font TrueType, dan beberapa gimmick lainnya.

5.      Windows 95 (1995)

Microsoft memperkenalkan Windows 95 sebagai sistem operasi Windows pertama dengan menu Start. Selain itu, Microsft menambahkan Windows Explorer sebagai pengganti File Explorer dan Microsoft Internet Explorer sebagai browser opsional. Windows 95 secara resmi dirilis pada tanggal 14 Agustus 1995

6.      Windows 98 (1998)

Windows 98 hadir sebagai pengembangan dari Windows 95. Pada versi Windows ini, Internet Explorer hadir dengan versi terbarunya, yakni Internet Explorer 4.0. Windows 98 dapat digunakan pada perangkat komputer mulai dari tanggal rilisnya, 25 Juni 1998, hingga 11 Juli 2006.

7.      Windows Millenium Edition (2000)

Walaupun mampu menghadirkan sejumlah aplikasi penting untuk pengguna. Pada kenyataannya kiprah Windows Millenium Edition dianggap kurang bagus bagi sebagian orang. Pada tahun ini, Microsoft juga tercatat memperkenalkan versi Windows 2000 yang kemudian menjadi cikal bakal OS Windows XP di kemudian hari.

8.      Windows XP (2001)

Jika dibandingkan generasi pendahulunya, Windows XP bisa dibilang merupakan versi paling sukses menarik pelanggan. Windows XP tercatat mampu bertahan selama lebih dari 10 tahun dari tanggal peluncuran, menyisakan berbagai memori mendalam bagi setiap user yang menggunakannya.

Sebagaimana kita ketahui, Windows XP dibangun berdasarkan pada OS Windows 2000 yang menyematkan antarmuka interaktif lengkap dengan tombol start berwarna hijau untuk menarik perhatian pengguna.

Sayangnya, Windows XP mengalami masalah klasik yang biasa terjadi pada setiap produk teknologi, yakni masalah keamanan. Popularitasnya yang tinggi ternyata menarik banyak hacker untuk mulai mengeksploitasi sistem Windows XP. Alhasil, program firewall yang sudah dibangun tidak mampu berkutik melawan potensi keamanan data user.

9.      Windows Vista (2006)

Saat proses pengembangan, Windows Vista dikenal dengan nama kode “Longhorn”. Sama seperti Windows XP, Windows Vista adalah sistem operasi untuk komputer pribadi yang berbasis grafis. Windows Vista diluncurkan pada tanggal 8 November 2006 untuk bisnis dan 30 Januari 2007 untuk rumahan.

10.  Windows 7 (2009)

Sebagai pengganti Windows Vista, Microsoft meluncurkan Windows 7. Windows 7 juga hadir dengan menu Start seperti pada Windows XP. Pada tanggal 22 Juli 2009, Windows 7 dirilis untuk pabrikan dan untuk publik diluncurkan pada tanggal 22 Oktober 2009. Alih-alih menambah banyak fitur baru, Windows 7 lebih difokuskan pada pengembangan dasar Windows.

11.  Windows 8 (2012)

Resmi meluncur pada tanggal 1 Agustus 2012, Windows 8 menandai berakhirnya era tombol start di pojok kiri bawah. Selain itu, Microsoft juga memberikan perubahan tampilan yang cukup signifikan ke Windows 8 dengan menyematkan widget di halaman depan.

Sampai sejauh ini, Windows 8 merupakan versi yang paling powerfull, stabil, interaktif, dan memiliki kecepatan booting kilat dibandingkan versi sebelumnya.

12.  Windows 8.1 (2013)

Setahun setelah booming antarmuka Windows 8, Microsoft kembali menghadirkan OS terbaru yang disebut Windows 8.1. Pada versi ini perusahaan kembali membawa tombol start ke pojok kiri bawah layar. Namun, fungsi iconnya digantikan dengan logo Windows flat.

13.  Windows 10 (2015)

Salah satu perubahan besar yang dibawa oleh Windows 10 adalah perbaikan pada fitur touchscreen friendly. Sehingga para pengguna gadget yang mendukung fitur ini bisa lebih enjoy menjalankan aktivitas sehari-hari.

Selain itu, terdapat juga update DirecX 12, tampilan tombol start yang lebih seimbang, serta sejumlah pembaruan lain yang mampu menarik minat banyak pengguna beralih dari Windows 8.1 ke Windows versi terbaru.

14.  Windows 11 (2021)

Setelah Windows 10, Microsoft merilis Windows 11 sebagai versi Windows terbaru pada tanggal 5 Oktober 2021 lalu. Dengan inovasi pada menu Start yang berada di tengah, Windows 11 hadir untuk mendukung kegiatan multitasking. Windows 11 juga sudah memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi Android pada PC dan laptop.

Demikian rangkuman sejarah Windows dari awal sampai sekarang. Dapat disimpulkan bahwa untuk menghadirkan sistem operasi canggih seperti Windows 11 tentu tidak mudah. Perjalanan pengembangan itu telah dimulai sejak Microsoft meluncurkan Windows 1 sebagai sistem operasi pertamanya.

Editor : Rsyad


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?