Suatu jaringan yang di mana perangkat keras dan perangkat lunak bisa saling berkomunikasi dalam daerah yang terbatas. Dengan menggunakan teknologi jaringan Local Area Network ini kita dapat saling berbagi data.

Pada umumnya jaringan Local Area Network menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet kecepatan transfer data. Namun akhir-akhir ini terdapat beberapa jaringan lokal yang menggunakan teknologi 802.11b.

Prinsip kerja jaringan Local Area Network tergantung dengan pola atau topologinya. Namun jika jaringan tersebut terpusat maka akan ada istilah server dan workstation. Tempat yang biasanya dapat menjumpai hotspot atau jaringan LAN yang memanfaatkan wifi ini di kompleks perhotelan, café, kampus, taman hiburan dll.

Ada 2 kompenen utama dalam sebuah jaringan komputer lokal (LAN) yaitu node dan link

  • Node adalah titik yang dapat menghasilkan input data atau menerima data tersebut atau juga kedua-duanya. Node – node berupa komputer yang saling terhubung.
  • Link adalah jalur transimisi data/informasi antar node. Link ini berupa hubungan antara node yang satu dengan node yang lainnya dalam sebuah jaringan.

Keuntungan :

  • Dapat melakukan control jaringan
  • Proses back up data lebih mudah
  • Kerja lebih efektif
  • Dengan adanya fasilitas sharing maka terjadi efisiensi waktu dan biaya.

Kerugian :

  • Jika ada satu komputer terkena virus berpotensi menginfeksi komputer lain dalam jaringan.
  • Berpotensi munculnya pencurian data oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jaringan LAN bisa dibangun dengan menggunakan metode wired (kabel), wireless (tanpa kabel) maupun cara keduanya. Perangkat komputer yang akan digunakan sebagai pusat LAN tersebut berperan sebagai server. Instalasi pada jaringan LAN bisa saja menjadi mahal bergantung bagaimana kebutuhan dan kondisi di lapangan. Jenis topologi yang akan kita gunakan juga mempengaruhi biaya yang akan dikeluarkan. 

editor: firlia erinata

Kategori: Jaringan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?