Jaringan Komputer

         Jaringan komputer adalah “interkoneksi” antara 2 komputer autonomous atau lebih,yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless). Autonomous merupakan sebuah komputer tidak melakukan control terhadap komputer lain.

  • LAN (Local Area Network)

       Jaringan ini memiliki lokasi jangkuannyang hanya 100 meter. jaringan yang khas dengan perusahaan. mana dalam perusahaan yang menggunakan jaringan LAN memanfaatkan fasilitas ini untuk berbagi data rahasia. Local area Network (LAN) adalah  sejumlah komputer yang saling menghubungkan bersama dalam satu areal tertentu yang tidak begitu luas,seperti didalam satu kantor atau gedung . Jaringan LAN ini terbagi menjadi dua  bagian yaitu jaringan Peer to Peer dan jaringan Client-Serever.Pada jaringan peer to peer,setiap komputer aakan bertindak baik sebagai workstation maupun server.

  1. Thin Etherenet (Thinnet)
  2. Thick etherenet (Thicknet)
  3. Twisted Pair Ethernet
  4. Fiber Opitc
  5. MAN (Metropolitan Area Network)                                                                                       
    Metropolitan Area Networ (MAN) adalah sebuah jaringan komputer suatu kota atau desa yang memiliki transfer data denngan kecepatan tinggi. Jaringan trrsebuh biasanya menghubungkan berbagai lokasi dalam kota,missal perkantoran,kampus,pemerintahaan,sekolahan, dan yang lainnya.Jaringan ini juga jaringan LAn yang hanya menghubungkan satu gedung saja.

-Fungsi MAN :

                Fungsi utama MAN adalah menghubungkan komputer dan juga perangkat lain sehingga bisa melakukan komunukasi suatu dengan yang lainnya.MAN juga memiliki beberapa karakteristik yang harus pengguna kenali sebagib berikut krakteristriknya:

  • MAN mencangkup area yang cukup luas antara 5 hingga 50 KM.
  • Jaringan MAN umumnya tidak miliki satu organisasi tertentu.
  • Man kerap bertindak sebagai jaringan dengan kecepatan tinggi untuk sumber daya daerah.
  • mempunyai cakupan koneksi yang lebih besar banding LAN.
  • Man hanya memiliki satu atau dua kabel saja dan tidak mempunyai elemen switching untuk mengatur paket beberapa output.
  • WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network(WAN) adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas,karena radiusinya mencangkup sebuah Negara dan benua. WAN menggunakan fasilitas trnsmisi misalnya telepon,kabel bawah laut maupun satelit. Kabel transmisi berguna  untuk memindahkan bit-bit dari suatu komputer  ke komputer lainnya. Elemen switching ialah sebuah komputer khusus yang berguna unutuk menghubungkan dua buah kabel transmisi atau lebih.WAN menginterkonesksikan beberapa LAN yang kemudian menyediakan akses ke komputer-komputer arau file server pada lokasi lain,beberapa teknologi WAN antara lain adalah Modem, ISDN, DSL, Frame Relay, T1,T3,E3 dam SONET.

Perangkat (Hardware) Jaringan  WAN

WAN menghubungkan beberapa LAN melalui jalur komunikasi dari service provider. Karena jalur komunikasi tidak bisa langsung mengmasukan ke LAN maka perlukan perangkat lain:

  • Router
  • CSU/DSU
  • Modem
  • Communication Server

Kategori: Jaringan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?