Berdasarkan bentuk fundamentalnya, jaringan komputer terbagi menjadi dua jenis, yaitu jarak dan transmisinya. Berikut ini terdapat dua jenis klasifikasi jenis computer network berdasarkan transmisinya.

Di konten ini menampilkan materi jaringan salahsatunya jaringan broadcast untuk memahaminya kita bisa membacanya dan memahaminya.

Broadcast

Jaringan broadcast merupakan saluran komunikasi tunggal yang digunakan secara bersama – sama oleh beberapa perangkat (device) yang saling terkoneksi ke jaringan yang sama. Paket merupakan pesan berukuran kecil yang dikirim oleh suatu mesin menuju mesin yang lainnya.

Field dari alamat berisi keterangan mengenai kepada siapa tujuan paket tersebut akan dikirimkan. Apabila paket tersebut tertuju kepada dirinya maka akan segera diproses. Jika paket terkirim ke mesin yang lain, maka mesin otomatis akan mengabaikannya.
Jaringan ini menggunakan komunikasi tunggal yang digunakan oleh semua komputer secara bersamaan dan terhubung pada jaringan tersebut. Saat paket yang berkode khusus ini dikirimkan, paket akan diterima dan diproses oleh semua mesin yang ada pada jaringan. Jaringan ini akan mentransfer pesan ke semua penerima secara bersamaan.

Contoh penerapan Broadcast Network dalam kehidupan sehari-hari adalah Stasiun Radio. Stasiun radio berperan sebagai pengirim informasi. Dalam hal ini, stasiun radio merupakan jenis komunikasi simplex. Dalam komunikasi simplex, data yang dikirimkan mengalir dalam satu arah, dimana Informasi dikirimkan melalui gelombang sinyal yang berasal dari menara siaran radio.

By:sayauliiii

Kategori: Jaringan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?