https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fkokujapan.com%2Fcakupan-5g-untuk-seluruh-jepang-akan-terjadi-beberapa-tahun-lagi%2F&psig=AOvVaw0a-UUeoa2MemSf0SuH6sAB&ust=1650062480815000&source=images&cd=vfe&ved=0CAwQjRxqFwoTCKjXvvTPlPcCFQAAAAAdAAAAABAD


Teknologi 5G mulai diperkenalkan oleh sejumlah operator telekomunikasi di Indonesia. 5G atau Fifth Generation (generasi kelima) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler yang melebihi standar 4G.
Perkembangan zaman yang semakin pesat tentunya berimbas pula terhadap dunia teknologi. Dikembangkannya teknologi jaringan 5G adalah salah satu bukti dari inovasi yang terus dilakukan.
Seiring dengan hal tersebut, produsen ponsel pun mulai membidik untuk memproduksi ponsel-ponsel yang mendukung layanan 5G. Lalu, sebenarnya apa saja keunggulannya? Simak ulasan selengkapnya dilansir dari laman Cisco.com dan berbagai sumber, Selasa (11/1/2022):
Teknologi 5G
Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, bahwa 5G merupakan sebuah teknologi selular generasi kelima. Teknologi ini dirancang untuk meningkatkan kecepatan, mengurangi latensi, hingga meningkatka fleksibilitas layanan nirkabel.
Teknologi 5G juga disebut bisa menyederhanakan mobilitas, dengan kemampuan roaming terbuka tanpa batas antara akses seluler dan Wi-Fi. Artinya, pengguna dapat terus terhubung saat mereka berpindah koneksi dari nirkabel luar ruangan ke jaringan nirkabel di dalam gedung tanpa perlu mengautentikasi ulang.
Memiliki kecepatan data yang jauh lebih tinggi dibandingkan 4G, membuat penggunanya akan lebih nyaman setelah memakainya. Teknologi 5G akan memperkenalkan kemajuan di seluruh arsitektur jaringan. Radio Baru 5G, standar global untuk antarmuka udara nirkabel 5G yang lebih mumpuni juga akan mencakup spektrum yang tidak digunakan dalam 4G.
Kecanggihan perangkat dan sistem teknologi tentu tidak akan berfungsi tanpa adanya dukungan internet dengan jaringan stabil dan cepat. Oleh karena itu, hal tersebut tidak akan terlepas dari peran jaringan 5G, di mana hal ini menjadi tren teknologi tahun 2022. Ditambah dengan banyaknya konten Youtube maupun layanan streaming lainnya sudah menghadirkan resolusi video hingga 4K sehingga internet cepat sangat dibutuhkan demi mendukung proses streaming berjalan lancar.
Di mana, jaringan 5G sendiri diyakini memiliki kecepatan lebih dari 4G dengan menghasilkan kecepatan rata-rata 100Mbps dan maksimal 20Gbps.
Editor Jauza

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?