Teknologi terbaru dan tercanggih lainnya, yaitu hyperloop. Istilah hyperloop tercatat pertama kali disebutkan oleh inventor Amerika Serikat, Elon Musk, pada 2012. Elon Musk menyebutkan bahwa konsep awal hyperloop adalah alat transportasi yang berbentuk kapsul dan bergerak secara elektromagnetis dalam kanal bertekanan udara rendah.

Nantinya, hyperloop akan mendorong kota-kota besar untuk berkembang memiliki mode transportasi yang cepat, aman, dan mampu menampung banyak penumpang. Dengan hyperloop. 20-40 penumpang bisa menempuh kecepatan 1.700 kilometer per jam

A. Pengertian Hyperloop

Hyperloop adalah konsep transportasi umum dengan kecepatan super cepat yang memiliki jalur khusus berupa pipa yang sangat besar dan sebuah kapsul dengan penggerak kompresor dengan daya dorong yang sangat kuat. Konsep transportasi masa depan ini diklaim bisa mencapai kecepatan lebih dari 1000 kilometer per jam. Dengan ini bisa kita bayangkan perjalanan dari Surabaya ke Jakarta bisa ditempuh hanya dengan 1 jam perjalanan saja. Luar biasa!

Konsep hyperloop ini digagas oleh Elon Musk, pendiri perusahaan Tesla Motor dan SpaceX. Hyperloop pertama diimpelemtasikan di Amerika Serikat (masih dalam proses development). Menurut kabar yang telah beredar diberbagai media di Internet, Hyperloop direncanakan akan di implementasikan di Indonesia untuk menghubungkan Yogyakarta dengan Jakarta dengan waktu tempuh hanya 25 Menit saja. Saat ini proyek hyperloop masih pada tahap pengembangan. Beberapa prototype kapsul yang digunakan untuk mengangkut penumpang public juga sudah mulai banyak variasinya. Salah satu pengembang yang membuat prototype hyperloop ini adalah Hyperloop One, perusahaan teknologi yang telah membangun jalur sepanjang 500 meter di gurun Nevada. Uji coba juga telah dilakukan tetapi dengan kondisi lintasan masih diatas tanah belum di jalur layang sesuai dengan konsep awalnya. Hasil uji coba ini berhasil menghasilkan kecepatan 186km / jam, dengan 2.5 kali gaya gravitasi, dan menempuh jarak 914 meter dalam 1.9 detik saja.

B. Prinsip Kerja Hyperloop

Setelah mengetahui tentang pengertian hyperloop, poin selanjutnya adalah tentang prinsip kerja dari transportasi masa depan super cepat ini. Hyperloop memiliki konstruksi jalur yang futuristik berbentuk pipa dengan penampang bulat penuh dan berbahan baja. Lingkugan lintasan ini mendekati vakum yang akan dilalui oleh kapsul berisi penumpang.

Bagian kedua dari hyperloop adalah kapsul, kapsul ini terdiri dari beberapa bagian penting yaitu compressor yang terletak didepan, nozzle dibagian bawah dan samping kapsul, baterai berada dibawah dan dibelakang, bagian tengah berisi penumpang ataupun barang. Konsep menarik dari hyperloop ini adalah udara tipis yang terletak dibagian depan kapsul akan dihisap kompresor dan dikeluarkan kebeberapa bagian kapsul pada sisi bawah untuk menghasilkan lapisan udara dengan tekanan sangat tinggi sehingga kapsul akan selalu berjarak 0.5 sampai 1.3 mm dari pipa baja. Udara ini juga digunakan untuk mendorong kapsul dengan cara menghembuskan kesisi belakang kapsul hyperloop.

C. Desain Hyperloop

Hyperloop didesain menyerupai kapsul tunggal dengan bentuk seperti peluru memanjang. Versi lain hyperloop juga ada yang berbentuk seperti kepala paus, dan lain sebagainnya. Konsep desain ini dibuat oleh beberapa pengembang yang berasal dari beberapa Negara didunia. Untuk konsep default dari Hyperloop sendiri adalah berbentuk seperti peluru memanjang dengan warna putih. (lihat gambar dibawah ini).

by:zheeeva nawareza

D. Manfaat Hyperloop

Manfaat utama transportasi masa depan Hyperloop ini tidak lain tidak bukan adalah kecepatan yang ditawarkannya. Dengan kecepatan lebih dari 1000 kilometer perjam bisa memberikan efisiensi waktu yang luar biasa untuk para penumpangnya. Jauhnya jarak antar wilayah bukan masalah lagi. Sebanding dengan manfaat yang bisa didapatkan, untuk mengimplementasikan transportasi dengan teknologi futuristic ini membutuhkan biaya yang sangatlah besar. Berdasarkan berita yang telah muncul, rencananya Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Mentri Perhubungan RI akan merealisasikan proyek Hyperloop di Indonesia bekerja sama dengan Hyperloop Transportation Technology, salah satu pengembang Hyperloop dunia. Tanda tangan kerjasama telah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dengan lokasi jalur hyperloop Jakarta – Tangerang, Seluruh bandara di Indonesia, dan di daerah Sumatra Utara. 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?