Pengertian dan perbedaan hub dan switch

Switch merupakan perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer. Secara fisik, bentuk dari switch sama dengan hub, namun jika lihat dari sisi logika keduanya sama dengan bridge.

Switch memiliki dua tipe, yaitu unmanaged switch yang merupakan tipe termurah. Dan managed switch yang merupakan tipe termahal. 

Contoh Gambar

Meski sekilas bentuk dan fungsinya terlihat sama, namun perbedaan yang menonjol ada pada OSI Layer. OSI sendiri adalah singkatan dari Open System Interconnection di mana ini adalah sebuah model referensi dengan bentuk kerangka konseptual yang bisa menjadi patokan untuk standar koneksi sebuah komputer, dan OSI Layer punya 7 tingkatan berbeda.

Nah, untuk Hub sendiri bekerja pada OSI Layer pertama, sebuah Layer fisik yang hanya bisa mengirimkan data melalui transmisi alias hanya mampu untuk mengirim data saja. Sedangkan untuk Switch menggunakan OSI Layer 2 di mana bisa menambahkan MAC Address pada paket berupa Data Link.

Berencana untuk beli? Ketahui juga perbedaan harga. Sudah Anda ketahui bahwa Switch memang memiliki fitur yang lebih mumpuni bandingkan. Bisa ditarik kesimpulan dengan lihat dari segala kelengkapan fiturnya, memang ini lebih mahal..

Perbedaan lainnya antara adalah pada sistem keamanannya. Untuk Hub sendiri tidak ada yang namanya pemeriksaan data yang dikirim. Jadi, baik sang pengirim atau penerima akan mendapatkan data yang utuh.

Lain halnya dengan Switch, Anda belum tentu akan mendapatkan data yang utuh saat menerima data melalui Switch. Bukan karena Switch tidak bisa menerima / mengirim data secara utuh, hal ini sebabkan Switch akan selalu memeriksa setiap data yang dikirim untuk memastikan setiap data yang kirim aman.

Jadi, bisa bilang bahwa untuk sistem keamanan data, maka Switch lebih unggul karena penerima tidak akan mendapatkan data-data yang anggap merugikan atau mencurigakan.

Kategori: Jaringan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?