Hard Disk Drive yang sering juga disebut dengan hard drive, hardisk dan HDD ini adalah perangkat penyimpanan data non-volatile.

Penyimpanan non-volatile berarti perangkat penyimpanan akan tetap mempertahankan data yang tersimpan meskipun perangkat utama dimatikan.

Umumnya, hardisk dipasang secara internal di sebuah perangkat komputer. Komponen ini terpasang langsung ke pengontrol disk motherboard komputer

Komponen hardisk ini berisi dari beberapa disk (piringan). Nantinya, data akan disimpan ke disk 

menggunakan magnetic head yang bergerak cepat saat piringan berputar.

Perangkat penyimpanan seperti hardisk memang diperlukan untuk menginstal sistem operasi, menjalankan program & aplikasi, dan, untuk menyimpan dokumen. 

Tanpa perangkat non-volatile seperti HDD yang dapat menyimpan data setelah dimatikan, pengguna komputer tidak akan bisa menyimpan apapun di dalam komputer.

Inilah sebabnya mengapa setiap komputer membutuhkan setidaknya satu perangkat penyimpanan untuk menyimpan data secara permanen.

Nah, pada tahun 1953 para insinyur di IBM yang ingin menemukan cara untuk menyediakan akses acak ke data berkapasitas tinggi dengan biaya rendah. 

Disitulah hard disk ditemukan. Saat pertama kali dijual untuk publik pada tahun 1956, HDD berukuran sebesar lemari es, lho Golden friends!

Hard disk tersebut juga hanya bisa menyimpan 3,75 MB data. Untungnya, hard disk ini terus berkembang bersamaan dengan perkembangan teknologi.

Pada pertengahan 1980-an, faktor bentuk 3,5 inci dan 2,5 inci diperkenalkan dan menjadi standar penggunaan di komputer sampai sekarang.

Cara Kerja Harddisk

Pada dasarnya, harddisk terdiri dari beberapa piringan disk yang terbuat dari bahan aluminium, kaca atau keramik. 

Selanjutnya, piringan disk tersebut diletakan diatas sebuah poros. Piringan disk tersebut berputar dengan motor yang terhubung ke poros. 

Di dalam wadah harddisk terdapat jarum read/write yang secara magnetis merekam informasi ke dan dari trek di piringan menggunakan magnetic head.

Harddisk juga memiliki lapisan magnetik tipis pada mereka. Motor yang ada di dalamnya memutar piringan hingga 15.000 putaran per menit. 

Saat piringan berputar, motor kedua mengontrol posisi jarum baca dan tulis yang merekam dan membaca informasi di setiap piringan

Dulu hardisk disewakan kepada perusahaan-perusahaan untuk jangka waktu yang ditentukan dengan harga sewa yang terbilang cukup mahal yaitu $5000 US dollar/bulan

Seiring berjalannya waktu IBM mengeluarkan produk dengan nama IBM 1311 pada tanggal 11 oktober 1962 dengan kapasitas penyimpanan mencapai 2 juta karakter pada disk pack

Hardisk tersebut memiliki ketebalan 5 Inchi, berat 4,5kg dan memiliki 6 disk berukuran 14 inchi.

Kemudian pad tahun 1973, IBM mulai memasang program Winchester dengan piringan berputar yang dipasang secara permanen. Namun, hal tersebut memunculkan perdebatan karena terjadi mekanisme loading yang mejadi masalah

Pada tahun 1979 muncul Winchester 8 inci, pertama kali diperuntukan dalam dunia industry. Tetapi tetap berat dan mahal. Harganya sekitar 1000 euro/Mb.

Perkembangan hardisk terus berlanjut, tahun 1980 Seagate meluncurkan hardisk 5,25 inci pertama dengan ST506 dengan harga sekitar $1000

Pada tahun 1989, Western Digital membuat standar IDE (Intergrated Drive Electronics) untuk semua ukurannya.

Perkembangan hardisk sangat pesat pada tahun 1997 dengan adanya GMR (Giant Magnet Resistance) ditemukan oleh Peter Grunberg dengan DTTA-351680, IBM dapat mengatasi kapasitas 10 GB.

Pada Tahun 2001 Maxtor mengeluarkan hardisk Maxtor VL40 32049h2 yang memiliki kapasitas cukup besar yaitu 20GB

Selanjutnya, Seagate meluncurkan harddisk Maxtor VL40 32049h2 dengan kapasitas cukup besar yaitu 120GB. Perkembangan terus berlanjut hingga pada tahun 2007 Hitachi meluncurkan Deskstar 7k1000 memiliki kapasitas 1000GB atau 1TeraByte.

Sangat Panjang sejarah mengenai Hardisk mulai dari ukuran besar dan penyimpanannya sedikit sampai dengan ukuran kecil tetapi penyimpanan yang cukup banyak.

Editor : Eva El

Kategori: Hardware

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?