Gejala Virus Komputer dan Cara Mendeteksi 

https://pewarta-indonesia.com/wp-content/uploads/2020/09/VIRUS-KOMPUTER.jpg 

Layaknya manusia, komputer juga tak mungkin bisa beroperasi 100 persen jika ‘sakit’ atau terserang virus. Meski terkesan sederhana, jenis-jenis virus komputer juga kerap mengancam kondisi PC Anda. Memiliki nama yang serupa, ‘virus’ karena menyerupai penyakit dalam cara menginfeksi sistem. 

Layaknya seorang dokter yang bisa mendeteksi sakit yang dialami manusia, seorang profesional TI juga dapat melakukan hal yang sama untuk mendeteksi jenis-jenis virus komputer.taboola mid article 

Untuk lebih jelasnya, simak mengenai Gejala Virus Komputer dan Cara Mendeteksi berikut ini, seperti dihimpun dari berbagai sumber. 

Gejala Virus Komputer 

Pembuat malware menulis kode yang tidak terdeteksi hingga muatan dikirim. Malware atau perangkat lunak berbahaya ini termasuk virus komputer, ransomware, worm, trojan horse, dan spyware. Sebuah perangkat lunak atau program atau file apa pun yang dibuat dengan tujuan membahayakan sistem komputer, jaringan, atau server. 
 
Tapi seperti program perangkat lunak lainnya, bug dapat menimbulkan masalah saat virus berjalan. Tanda-tanda bahwa Anda memiliki virus komputer meliputi berikut ini, seperti dilansir dari Proof Point dan High Touch Technologies

– Popup windows. Popup windows atau jendela sembulan, termasuk iklan (adware) atau tautan ke situs web berbahaya. 

– Halaman beranda browser web berubah, padahal Anda tidak mengubahnya. 

– Email keluar ke daftar kontak Anda atau orang-orang di daftar tersebut. Lalu mengingatkan Anda akan pesan aneh yang dikirim oleh akun Anda. 

– Komputer sering crash, kehabisan memori dengan beberapa program aktif, atau layar biru kematian di Windows. 

– Performa komputer lambat bahkan saat menjalankan beberapa program atau komputer baru saja di-boot. 

– Muncul program tak dikenal, dimulai saat komputer melakukan booting atau saat Anda membuka program tertentu. 

– Kata sandi berubah tanpa sepengetahuan Anda atau interaksi Anda di akun. 

– Kerusakan yang sedang berlangsung dan kesalahan layar biru 

– File mendadak hilang. 

– Tindakan di komputer tak terduga. 

– Program yang tak dapat diidentifikasi. 

– Peningkatan aktivitas jaringan tanpa sepengetahuan Anda. 

– Perangkat lunak keamanan yang dinonaktifkan. [kur] 

Cara Mendeteksi Jenis Virus Komputer 

Berikut ini rangkaian cara untuk mendeteksi virus di komputer, seperti dikutip dari The Buddy Company

– Instal program antivirus yang andal 

Ada banyak program antivirus yang andal, yang bisa Anda instal. Karena sebagian orang mendapatkan virus komputer tidak menggunakan program antivirus apa pun. 

Baik itu McAfee, Norton, Kaspersky, Bitdefender, atau program antivirus andal lainnya. Memiliki program antivirus yang berkualitas adalah garis pertahanan kedua komputer Anda terhadap virus. Ini juga merupakan prasyarat untuk deteksi virus. 

– Jalankan pemindaian terjadwal reguler 

Cara mendeteksi jenis jenis virus komputer selanjutnya dengan menjalankan pemindaian terjadwal reguler dengan program antivirus. Dengan memiliki program ini, bisa membantu Anda terus memantau keadaan komputer. 

Tapi itu tak berarti apa-apa jika Anda tidak menjalankan pemindaian virus secara terjadwal. Idealnya, Anda harus menjalankan pemindaian seminggu sekali, atau setiap dua minggu, atau kapan pun Anda merasa komputer terkena virus. 

Anda dapat mengatur program antivirus untuk memindai secara otomatis jika merasa cocok. Misalnya, waktu tertentu saat Anda tahu tidak akan menggunakan komputer. Setelah virus diidentifikasi, program antivirus juga sering dapat membantu Anda menghapusnya. 

Editor: Kapersa


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?