Sumber : https://i0.wp.com/dianisa.com/wp-content/uploads/2022/01/Pengertian-Firmware.jpg?w=1000&ssl=1

Firmware merupakan sebuah perangkat yang kecil dan berada dalam perangkat lunak, ia berguna untuk membantu perangkat keras bergerak sesuai fungsinya. Seringkali ia disebut sebagai perangkat tegar, bahkan bisa dikatakan bahwa firmware hampir mirip dengan sistem operasi pada komputer.

Perangkat keras yang tidak memiliki firmware, akan sama dengan perangkat lunak yang tidak memiliki sistem operasi. Sehingga perintah-perintah yang diberikan pada perangkat keras tidak akan berjalan seperti yang diperintahkan, mulanya firmware hanya memiliki memori yang terprogram untuk membaca saja atau read only (PROM) saja.

Perangkat elektronik yang merupakan perangkat keras haruslah memiliki firmware, tanpanya perangkat tersebut tentu tidak bisa berfungsi dan menunjang kebutuhan Anda sehari-hari.

Terkait fungsi, firmware sendiri berfungsi sebagai pengontrol kinerja dari perangkat keras. Tanpanya perangkat keras tidak bisa untuk dioperasikan, terutama pada alat-alat elektronik seperti smartphone. Pernahkah Anda dapati smartphone meminta Anda untuk melakukan update? Itu merupakan update firmware, fungsi dilakukannya update adalah untuk meningkatkan performa yang ada pada perangkat keras. Firmware biasanya digunakan untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi pada sistem.

 Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan melakukan update firmware, khususnya pada perangkat Android.

  • Kelebihan
    Firmware yang melakukan update berkala bisa membantu memaksimalkan kinerja Android untuk menyesuaikan aplikasi dengan hardware pada perangkatnya, kinerja Android juga akan menjadi lebih stabil dari sistem yang ada sebelumnya, meningkatkan keamanan, menambahkan fitur-fitur terbaru, memperbaiki kualitasnya serta mengatasi masalah seperti bug, membuat daya baterai dari Android menjadi lebih hemat dari sebelumnya, serta mampu menutupi kekurangan yang ada pada sistem perangkat sebelumnya.
  • Kekurangan
    Dengan adanya fitur terbaru yang terus bertambah seiring adanya update ternyata berdampak pada kinerja Android yang semakin berat, saat melakukan pengupdatean dan terjadi kesalahan maka bisa berakibat fatal pada penggunaan HP yang sudah tidak bisa difungsikan lagi, fitur terbaru yang diperoleh dari hasil update dan tidak Anda butuhkan akan membebani Android itu sendiri.

Editor : Hidayat

Kategori: Software

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?