Sumber: Edukatama

Perangkat laptop merupakan salah satu produk inovasi teknologi yang membantu sekali dalam memudahkan pekerjaan kita semua.

Namun dibalik canggihnya teknologi tersebut masih ada kelemahan yang cukup mengganggu yaitu masalah virus laptop.

Laptop ataupun komputer memang sangat mudah terinfeksi virus apalagi bagi Anda para pengguna sistem operasi Windows.

Keberadaan virus ini sangat merugikan pengguna laptop karena ada banyak masalah yang ditimbulkannya.

Meskipun saat ini sudah ada banyak software antivirus, virus selalu berevolusi agar tidak terdeteksi oleh antivirus. Mereka melakukan infeksi pada laptop dengan berbagai cara.

Untuk itu Anda harus selalu waspada dan juga teliti terhadap laptop.

Karena keberadaan virus bisa dideteksi sejak dini dengan mengetahui ciri-ciri laptop terkena virus.

Nah pada pembahasan kali ini kami akan membahas ciri-ciri laptop yang terkena virus

Ciri-Ciri Laptop Kena Virus

1. Kinerja laptop semakin lemot

Ciri-ciri laptop terkena virus yang pertama bisa dilihat dari kinerja laptop semakin lambat.Masalah ini biasanya terjadi karena virus menggunakan resource RAM dan prosesor laptop sehingga kinerjanya menjadi lambat.Jika kasusnya seperti ini langkah pertama adalah scanning virus dari laptop. Hindari dulu browsing atau membuka data, tunggu proses scanning sampai selesai.

2. Pop-Up yang Tidak Terduga

Munculnya iklan pop-up pada layar yang tidak terduga adalah salah satu ciri-ciri laptop terkena virus yang khas. Tidak hanya mengganggu, malware lain mungkin juga bersembunyi dan bersiap untuk menambah gangguan pada perangkat Anda.

Jangan pernah mengklik pop-up yang mencurigakan, bahkan jika dikatakan ‘virus terdeteksi’. Ini adalah contoh rogueware, yang meminta Anda untuk membayar sebuah program untuk menghapus virus palsu, yang pada kenyataannya bisa mengirim lebih banyak malware pada laptop Anda.

3. Aktivitas Hard Drive yang Mencurigakan

Hard disk yang terlalu aktif juga bisa menjadi ciri-ciri laptop terkena virus.

Aktivitas hard drive yang biasanya memunculkan suara terus-menerus atau terus-menerus berputar, meskipun Anda tidak menggunakan komputer Anda atau menjalankan program apa pun, dapat menjadi tanda bahwa PC Anda terinfeksi virus.

4. Kinerja Mulai Melambat

Komputer atau laptop akan memulai program dengan waktu yang cukup lama. Kondisi ini menandakan komputer atau laptop kamu terdeteksi virus.

Untuk memastikam itu virus atau bukan, kamu bisa melakukan pengecekan pada memori RAM atau hard disk. Apabila kondisi RAM atau hard disk tidak mengalami mengalami pengurangan atau gangguan, bisa dipastikan perangkat kamu lambat karena virus.

5. Ruang Penyimpanan Tiba-tiba Penuh

Ruang penyimpanan yang berkurang alias penuh secara tiba-tiba memungkinkan adanya virus yang terdeteksi pada komputer atau laptop kamu. Ruang penyimpanan yang tiba-tiba penuh, menandakan virus telah menggandakan dirinya tanpa kamu sadari.

Malware atau virus diam-diam mengunduh file atau menginstal program di ruang penyimpanan.

 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?