AMS Star – Dalam kesempatan ini, disajikan cara mudah mengetahui data yang sebenarnya tidak hilang akibat virus trojan komputer.Sebagian besar jenis virus trojan digunakan untuk perilaku kejahatan.

Hal ini terbukti dengan terjadinya akun email atau sosial media yang dibajak.Dilansir PortalJember.com dari buku PERBAIKAN DAN PERAWATAN PC & LAPTOP karya Abdul Rohman, simak ulasannya.Hilangnya uang melalui pembajakan transaksi internet banking dan lain-lain.

Tentu ini sangat mengkhawatirkan dan berbahaya bagi pengguna online, yang memungkinkan terkena virus trojan.Virus trojan yang populer adalah trojan horse dengan gejala-gejala beraneka ragam seperti tidak tampaknya wallpaper dan icon pada desktop, tidak terdapat list program dalam start-all program.

Semua data di drive hilang dan bahkan melabuhi pengguna dengan nama file-file yang baik, seperti “svch0st.exe”, dari yang seharusnya “svchost.exe”.Dengan terjadinya gejala tersebut, tidak perlu khawatir terutama dengan gejala data yang hilang, karena sebenarnya tidak ada yang hilang.

Data-data yang sebenarnya hanya di hidden atau disembunyikan oleh virus trojan sehingga data tidak kelihatan.Untuk mengetahui data komputer yang sebenarnya tidak hilang, bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

• Mengklik kanan pada drive D, E, atau drive lain.

• Lalu klik atau pilih Properties.

• Lihat pada bagian “Disk Usage”, apakah disk spacenya masih terisi. Jika masih, maka data tidak hilang.

Cara lain untuk mengetahui data yang sebenarnya tidak hilang, bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

• Klik drive D atau E dan atau yang lain.

• Klik menu Organize.

• Pilih “folder and search option”.

• Pilih menu view, lalu pilih “option Show hidden files, folders and option dan hilangkan ceklis atau centang pada “Hide empty drivers in the computer drive”, “Hide extensions for know file types” dan “Hide protected operating system file”.

• Setelah mengkonfigurasi folder option di atas, maka data yang hilang akan muncul dengan icon folder atau file yang terlihat buram.Itulah cara mudah ketahui data yang sebenarnya tidak hilang akibat virus trojan komputer.

Editor by : AMS Star


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?