Cara Menginstal Bahasa Pemrograman Ruby Pada Windows

Illustrasi grafis artikle Cara Menginstall Ruby pada Windows

    Bagaimna cara menginstall Ruby pada windows? Atau malah sudah yang paham betul apa itu Ruby yang akan sedikit kita bahas ini? Berikut sedikit informasi yang  mungkin bisa membantu kita untuk lebih mendalami tentang Ruby dan bagaiman kita bisa mendapatkan Rubya pada komputer atau laptop kita.

Pengenalan Bahasa Pemrograman Ruby

     Ruby adalah bahasa pemrograman dinamis berbasis skirp yang berorietasi pada objek yang fleksibel. Kenapa di sebut bahasa yang fleksibel? Karena bagian-bagian dari Ruby bisa di ubah atau di edit dengan bebas. Bagaian-bagian Ruby bahkan bisa di hapus atau di definisikan ulang yang mana membuat oara programer merasa tidak di batasi

Ruby pertama kali di buat oleh seorang programer Jepang bernama Yukihiro Matsumoto pada tahun 1993 dan di rilis kepada publik pada tahun 1995.

Bahsa ini di ciptakan dengan mengabungkan bagian-bagian dari bahasa favorit beliau seperti Perl, Smalltalk, Eiffel, Ada dan Lisp untuk membangun seuatu bahsa baru yang seimbang antara pemrograman fungsional dan pemrograman imperatif.

Ruby juga punya tujuan yang adalah untuk menggabungkan kelebihan dari semua bahasa-bahasa pemrograman skrip yang ada di dunia. Bahasa itu di tulis dengan bahasa pemrograman C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Pyton.  Berbeda degan Pyton yang fokus pada satu solusi untuk pemecahan masalah, Ruby itu punya banyak pendekatan pemecahan masalah yang valid.

Sifat Ruby itu open source, biasanya di gunakan buat mengembangkan dan membangun aplikasi website atau web developmet yang sederhana dan cepat karena bahasa pemrograman Ruby memang unggul dalam hal tersebut.

Sintaksnya sederhana serta dengan adanya berbagai macam framwork Ruby seperti Ruby on Rails (Ror) yang mana salah satu framework terbaik Ruby menjadi kelebihan bahasa pemrograman satu ini.

Cara Menginstall Ruby Pada Windows

  1. Download Ruby

Langkah pertama cara menginstall Ruby pada windows apa? Tentu yang harus kita lakukan adalah menginstall program Ruby! Di mana? Tentu di website resmi Ruby. Kita bia mendownloadnya di web itu. Pilih Ruby yang ingin di unduh. Sesuaikan dengan windows masing masing, x86 untuk 32-bit dan x64 untuk 64-bit.

Web resminya : https://rubyinstaller.org

Ada dua versi ruby, yang pertama pakai Devkit dan tidak pakai Devkit. Maksudnya bagaimana? Kalau pakai Devkit efeknya akan secara otomatis menginstall program sama bahasa lain untuk menjalankan Ruby. Versi yang pertama cocok buat yang baru pertama kali install Ruby kalau yang sudah pernah install ruby bisa download versi keduanya yaitu yang tidak pakai Devkit.

  • Buka installer ruby yang telah di unduh.

Langkah yang kedua adalah membuka installer Ruby yang telah kalain download dan selanjutnya akan muncul jendela popup. Seperti cara kebanyakan mengistal software pada umunya akan muncul pilihan [ I accept the licence / I decline the licence ]. Klik aja I accept the licence trus next.

  • Pilih lokasi install Ruby

Langkah selanjutnya adalah memilih di mana lokasi installasi Ruby di letakan, kita bisa menempatkannya di folder tepatnya disk C atau disk utama. Kalau sudah memilih tempatnya kita bisa langsung klik install .

Setelahnya akan muncul jendela baru biarkan default dan langsung klik next. Tunggu proses instalasi hingga selesai.

  • Install MSYS2

Kalau proses intalasi sudah selesai klik aja finish dan setelah itu akan muncul tampilan baru CMD, di tampilan CMD ketikan angka 1 lalu tekan enter untuk melakukan install MSYS2. Seperti biasa tuggu proses install hingga selesai.

  • Cek Ruby

Langkah berikutnya adalah mengecek apa Ruby sudah benar-benar terpasang atau belum. Caranya, kita bisa cek dengan membuka CMD lalu mengetikan “ruby -v”. Jika di CMD muncul versi rubynya maka tandanya sudah terpasang.

Editor : Sulistianigsih


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?