virus merupakan hal yang sangat ditakutkan bagi pengguna komputer ataupun internet. virus juga semakin banyak jenisnya dan semakin berkembang pula, dibandingkan dengan perkembangan anivirus yang lambat. virus dapat dengan mudah merusak system perngkat elektronik seperti komputer, laptop, notebook, dan smartphone. ada virus yang sanggup membuat windows mati dalam sekejap, bahkan ada virus yang bisa menyembunyikan diri dari antivirus. ada juga yang dapat menjalankan program dirinya sendiri tanpa harus kita klik. untuk itu kita harus melakukan proteksi dari bahaya virus.

Cara Mencegah Virus Pada Laptop Dan Komputer

berikut ini beberapa tips untuk mencegah virus pada komputer / laptop:

* pasang antivirus dan selalu update pada komputer atau laptop anda. untuk mencegah virus terbaru diatas tahun antivirus yang tidak di update. sehingga virus tidak bebas berkeliaran dan menyerang laptop atau komputer anda.

* lakukan scan pada flashdisk yang tertancap ke komputer atau laptop anda. ini untuk mencegah penyebaran virus melalui media flashdisk.

* scan CD yang masuk ke CD drive untuk mencegah persebaran virus yang mungkin menyebar lewat CD. pastikan file atau data yang akan diburn bebas dari virus dan worm.

* scan hardisk secara intensif, selain untuk men-scan virus scan pada hardisk juga dapat membuat komputer lebih cepat dalam bekerja dan optimal.
lakukan scan hardisk setelah anda selesai bekerja dengan komputer dan laptop anda.

* jangan membuka sembarang link, biasanya pada website atau spam email terdapat link link aneh yang dikirimkan oleh pengirim yang tidak jelas.

* jangan sembarangan mendownload file yang tidak dikenal, pastikan mendownload dari sumber resmi dn terpercaya. karna virus, worm, spyware, trojan, dan hacker bisa saja masuk ke komputer dan laptop anda.

* matikan autorun untuk melindungi komputer dan laptop anda dari masuknya virus yang menyebar keseluruh system anda.

editor: raissa


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?