Sumber: Merdeka.com

Cara kerja virus komputer secara spesifik sangat banyak tergantung bagaimana sang pembuat menciptakannya. Virus komputer sendiri merupakan sebuah program hasil rekayasa manusia.

Virus atau yang terkadang juga orang menyebutnya dengan nama Malware seringkali mengganggu sistem operasi saat pengguna jalankan.

Pada umumnya bagaimana malware komputer bekerja tidak berbeda jauh dengan cara kerja virus secara biologis atau virus yang mengganggu manusia yaitu dengan menempel pada sel tubuh.

Begitupun dengan malware yang ada pada PC atau Dekstop, program rekayasa ini memerlukan program lain untuk menempel.

Program tersebut bisa berupa aplikasi yang dianggap sah oleh sistem, melalui inilah kemudian malware dapat bekerja.

Kebanyakan virus yang saat ini menyebar dalam sebuah perangkat telah terancang untuk merusak atau mencuri data dengan berbagai cara kerja dan pintu masuk yang memungkinkan.

Meskipun cara kerjanya sangat banyak, terdapat kategori umum yang memisahkan kerja mereka tergantung dari bagaimana mereka masuk dan bagaimana mereka merusak.

Cara Kerja Virus Komputer Dari Jenis-Jenis Virus
Virus komputer merupakan sesuatu dari sebuah keajaiban di Era Informasi berbasis teknologi yang sekarang ini semakin marak dan berkembang sangat cepat dan pesat.

Sebagai contoh, para ahli memperkirakan bahwa cacing Mydoom menginfeksi sekitar seperempat-juta komputer dalam satu hari pada Januari 2004.

Kembali pada bulan Maret 1999, virus Melissa begitu kuat sehingga memaksa Microsoft dan sejumlah perusahaan yang sangat besar lain untuk benar-benar mematikan sistem e-mail mereka sampai virus tersebut dapat diatasi.

ILOVEYOU virus pada tahun 2000 memiliki efek yang sama yang sangat menghancurkan. Pada bulan Januari 2007, sebuah virus worm yang disebut Storm appeared (Badai virus) – pada bulan Oktober, para ahli percaya hingga 50 juta komputer yang terinfeksi. Itu merupakan kemampuan dari sedikit virus yang sangat mengesankan sampai pada awal tahun 2014 sekarang ini.

Ketika kita mendengarkan berita, kita mendengar tentang berbagai bentuk virus yang mampu menginfeksi mesin elektronik berbasih komputer. Yang paling umum adalah:

Virus E-mail: Virus e-mail bekerja sebagai lampiran dalam pesan e-mail, dan mampu mengirim sendiri secara otomatis ke puluhan orang dalam buku alamat e-mail si korban. Beberapa virus e-mail bahkan tidak memerlukan klik dua kali. 

Virus Trojan horse: Trojan horse merupakan virus yang berbentuk sebuah program pada komputer. Cara kerja virus ini yaitu mereka mampu melakukan satu hal yang mengganggu program tetapi tidak merusak bila kita menjalankannya. Trojan horse tidak memiliki cara untuk meniru secara otomatis. 

Virus Worms: Virus worm adalah sepotong kecil perangkat lunak yang menggunakan jaringan komputer untuk merusak sistem komputer dan mampu mereplikasi dirinya sendiri. Virus ini masuk dalam kategori yang cukup berbahaya.

Virus File : Cara kerja virus ini yaitu menginfeksi aplikasi atau file dokumen yang ada dalam komputer kita. Saat aplikasi yang terinfeksi tersebut dijalankan, maka virus ini akan menyebar dengan cara menginfeksi semua file atau dokumen yang diakses oleh aplikasi tersebut.

Virus Boot Sector : Cara kerja virus ini yaitu menginfeksi boot sector harddisk (boot sector merupakan sebuah daerah dalam hardisk yang pertama kali diakses saat komputer dihidupkan). Jika virus boot sector ini aktif, pengguna tidak akan bisa membooting komputernya secara normal.

Virus Multipartite : Cara kerja virus ini yaitu menginfeksi file-file komputer sekaligus boot sector pada harddisk.Virus jenis ini akan menimbulkan banyak masalah karena menyebabkan kerusakan yang fatal.

Virus Polimorfis : Cara kerja virus ini yaitu merekan mampu mengubah kode dirinya (berganti wujud) saat menyebarkan diri ke komputer lain. Virus jenis ini lebih sulit dideteksi karena mempunyai sifat yang seperti itu.

Stealth virus : Cara kerja virus ini yaitu virus tersebut mampu menyembunyikan dirinya dengan cara membuat sebuah file yang terinfeksi seolah-olah file tersebut tidak terinfeksi.

Virus Makro : Cara kerja virus ini yaitu menginfeksi Aplikasi Microsoft Office, seperti Word dan Excel. Biasanya Dokumen yang terinfeksi oleh Virus Makro akan memodifikasi perintah yang ada di Microsoft Office seperti perintah “Save” untuk menyebarkan dirinya saat perintah tersebut dijalankan.

Virus Shortcut : Cara kerja virus ini yaitu mereka mampu menggandakan dirinya sebagai boom shortcut sesuai folder asli bawaan pada komputer dengan sangat cepat kemudian menghidden (menyembunyikan folder aslinya). 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?