Cara Kerja CD

CD/DVD merupakan salah satu perangkat keras yang sifatnya portable atau bisa di bawa kemana-mana. CD/DVD merupakan jenis-jenis cakram optik digital yang di gunakan untuk menyimpan data apapun. CD adalah singkatan dari Compact Disk yang merupakan sebuah disk yang di gunakan untuk menyimpan data secara digital. Alat ini juga dapat di gunakan untuk menyimpan data suara seepanjang 1 jam 20 menit atau dengan ukuran 700 MB. CD yang berukuran mini memiliki beragam jenis ukuran, mulai dari 60 mm hingga 80 mm.

Kelebihan pada CD adalah memberikan akses yang mudah untuk file dan juga dapat di gunakan untuk menyimpan file suara. Namun, CD juga memiliki kekurangan yaitu dari segi fisiknya yang mudah tergores. Bagaimana cara kerja pada CD? Laser akan menyinari lapisan pelindung yang bening, ketika motor drive di Cd player bekerja memutar disc. Laser itulah yang berfungsi melacak dan menampilkan data, baik dalam bentuk suara, gambar, ataupun data yang direkam. Terdapat juga macam-macam jenis CD antara lain yaitu :

  • CD Standar yang bisa di nyalakan atau di mainkan dengan menggunakan perangkat pemutar CD audio.
  • CD-R (CD-Read) yang di gunakan untuk memainkan atau melihat data.
  • CD-RW (CD-Read Write) yang memiliki kemampuan untuk menulis dan juga untuk menghapus apa saja yang tersimpan dalam CD.

Cara Kerja DVD Player

DVD adalah singkatan dari Digital Versatile Disc atau Digital Video Disc. DVD di gunakan untuk menyimpan software dan juga aplikasi komputer lainnya termasuk game dan juga file untuk video. Untuk mengetahui isi dari sebuah DVD, maka akan di buutuhkan DVD Player. Terdapat juga jenis-jenis DVD antara lain :

  • DVD-5
  • DVD-9
  • DVD-10

DVD Player mampu menguraikan (decode) data video MPEG-2 yang di ubah menjadi video komposit standar. Terdapat komponen-komponen yang di perlukan untuk sebuah DVD Player, seperti :

  1. Motor penggerak putaran piringan yang berfungsi untuk mengontrol setiap gerakan putar degan tingkat akurasi yang sangat persisi.
  2. Sebuah laser dan lensa yang menjadi perangkat utama dalam memfokuskan pembacaan data dari piringan menggunakan penembakan sistem laser.
  3. Trak mekanik (tracking mechanism) perangkat bantu yang bertugas menggerakkan laser beam mengikuti gerak trak beralur spiral dari setiap piringan.

Prinsip kerja DVD Player yang paling fundamental terletak pada pemfokusan dari laser ketika melakukan pembacaan pit-pit dijalur trak. Hal ini sangat menentukan terutama waktu menjalankan jenis piringan DVD yang memiliki double-layer.

Editor : Erna Febriani


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?