Driver memegang peranan penting dalam kinerja sebuah perangkat keras yang terhubung ke komputer. Bahkan juga perangkat keras utama yang menjadi otak dari sebuah komputer atau yang disebut dengan processor, juga perangkat-perangkat yang lainnya.

Driver VGA paling terbaru akan membuat semua komponen yang ada di komputer menjadi dapat bekerja secara optimal. Khusus untuk driver VGA, sangat penting dan menjadi prioritas terutama bagi Anda yang sangat membutuhkan performa grafis yang optimal. Sebut saja seperti video gamer, designer graphic, dan bidang pekerjaan lainnya. Atau mungkin Anda mengharapkan performa optimal dari VGA card komputer untuk menonton video atau film favorit di komputer dengan kualitas grafis terbaik.

Berikut cara meng update VGA card:

1. Cara Update Driver VGA melalui Device Manager

Berikut ini beberapa langkah untuk cara update driver VFA melalui device manager khusus untuk VGA Intel :

  • Buka ‘Device Manager’, dapat di lakukan dengan berbagai cara salah satunya klik ‘Start menu’ -> ‘Windows System’ -> ‘Control Panel’ -> ‘Device Manager’.
  • ‘Device Manager’ adalah salah satu applet (aplikasi kecil dengan fungsi spesifik) dari Control Panel, Anda dapat melihat daftar perangkat keras yang terhubung dan mengelola (salah satunya) driver dari perangkat keras tersebut.
  • Klik bagian ‘Display Adapter’, akan ada sub-item dengan nama ‘Intel(R) HD Graphics Family’, itu adalah nama VGA/GPU yang di gunakan.
  • Klik kanan pada ‘Intel(R) HD Graphics Family’ kemudian klik ‘Update Driver Software…’, akan muncul jendela ‘Update Driver Software – Intel(R) HD Graphics Family’.
  • Klik ‘Search automatically for updated driver software’ untuk mencari driver VGA Intel dari Internet dan memperbaruinya secara otomatis.
  • Tunggu hingga proses pencarian selesai, apabila di temukan pembaruan, Anda hanya harus mengikuti langkah instalasi yang di sediakan.

2. Cara Update Driver VGA melalui Download Resmi Manufaktur Perangkat Keras

Setiap manufaktur perangkat keras biasanya menyediakan situs web untuk mendownload driver yang di buat dan di kembangkan khusus untuk perangkat lunak dengan model yang spesifik, tak terkecuali Intel.

shutterstock

Untuk menghindari kesalahfahaman pada VGA bahwa Intel tidak memproduksi VGA Card melainkan teknologi GPU yang pada umumnya merupakan bagian dari processor.

3. Cara Update Driver VGA dengan Download Resmi Manufaktur Komputer

Perlu Anda ketahui bahwa update driver VGA juga akan dapat dilakukan dengan download resmi dari manufaktur komputer tersebut.Misalnya saja, Anda menggunakan komputer Acer, maka Anda dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Kunjungi situs web acer.com/ac/en/US/content/drivers
  • Cari laptop yang bersangkutan dengan memasukkan ‘Serial #’, ‘SNID’, atau nomor model (biasanya dapat Anda temukan pada stiker di bagian bagian bawah laptop/netbook).
  • Jika Anda tidak yakin Anda dapat menggunakan menu dropdown ‘Category’, ‘Series’, dan ‘Model’ untuk menentukan perangkat yang sesuai.
  • Pilih sistem operasi yang di gunakan.
  • Expand bagian ‘Driver’ lalu cari ‘VGA Driver’, pastikan atribut ‘Vendor’ bernilai ‘Intel’, artinya driver tersebut di gunakan untuk VGA Intel.
  • Klik ‘Download’ kemudian instal pada komputer yang bersangkutan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?