Perkembangan Teknologi Informasi

Dewasa ini perkembangan teknologi dan informasi begitu cepat dan pastinya kita sudah tidak asing dengan revolusi industri 4.0. Revolusi ini menimbulkan banyak sekali inovasi baru dalam dunia industri karena dapat menggabungkan internet dengan tenaga manusia atau mesin, karena dengan perkembangan yang cepat ini maka timbul sebuah pekerjaan baru seperti software engginer, android developer, ui/ux designer, web developer, dll.

Lapangan kerja baru

Timbulnya pekerjaan baru ini memberikan kita kesempatan untuk belajar hal yang berkaitan dengan teknologi seperti bahasa pemrograman. Belajar bahasa pemrograman menjadi hal yang penting pada saat ini karena dengan belajar bahasa pemrograman kita dapat mengikuti perkembangan jaman dan dengan mengikuti perkembangan jaman kita pastinya juga akan mendapatkan pekerjaan baru, presiden joko widodo juga mengatakan bahwa bahasa pemrograman atau coding lebih penting daripada bahasa inggris kedepannya.

Ilmu pemrograman dari media masa

Semua orang dapat belajar bahasa ini, bukan hanya mereka yang menempuh pendidikan formal seperti di bidang ilmu komputer, sistem informasi, teknik informatika, dll. Kita juga dapat belajar secara otodidak melalui platform youtube. Banyak sekali para expert coding maupun dosen yang dengan gratis membagikan ilmu mereka kepada siapapun yang mau belajar bahasa pemrograman.

Selain youtube ada juga website penyedia layanan belajar bahasa pemrograman secara gratis maupun berbayar. Untuk mereka yang gaya belajarnya adalah membaca dan praktik langsung maka belajar melalui website adalah jalan yang tepat. Lalu untuk kalian yang ingin sekali dan tertarik belajar bahasa pemrograman secara intensif bisa mengikuti pendidikan informal seperti bootcamp, kursus, atau pelatihan. Pada pendidikan informal kalian akan diajarkan oleh mentor coding, kalian bisa bertanya jika mengalami kendala, bahkan bisa saja disalurkan kerja jika performa kalian saat mengikuti pendidikan informal sangat bagus.

Ilmu pemrograman dari webinar

Webinar tentang pemrograman juga salah satu media belajar yang cocok bagi kalian pada saat ini karena kalian dapat belajar secara langsung dengan para programmer dan dapat bertanya, dengan mengikuti webinar kita juga dapat menambah teman belajar agar semangat belajar kita tidak luntur dan berhenti di tengah jalan. Untuk info webinar kalian dapat mencarinya di media sosial seperti instagram, twitter, maupun facebook.

Bergabung dengan komunitas IT

Dan tidak hanya itu saja, saya menyarankan kalian untuk bergabung dengan komunitas, karena dengan ikut komunitas kalian akan belajar berkolaborasi dan menjalin hubungan sesama teman belajar bahasa pemrograman kalian, menurut saya ini hal yang penting karena dapat menambah portofolio kalian.

Lalu bahasa pemrograman apa saja sih yang dapat kita pelajari secara otodidak? Well…. Semua bahasa pemrograman dapat kita pelajari secara otodidak namun pertanyaan ini kembali kepada kalian semua, karena ada banyak sekali dan saya tidak bisa menyebutkan satu persatu apa saja bahasa pemrograman, kalian bisa mempelajari bahasa pemrograman apa saja tergantung minat kalian ingin belajar bahasa pemrograman yang mana.

Sekian artikel dari saya tentang belajar pemrograman secara otodidak, semoga bisa menambah referensi kalian, apapun itu yang kalian pelajari yang terpenting dalam belajar otodidak adalah kalian harus benar-benar niat dan semangat agar kalian tidak putus semangat saat belajar, karena belajar otodidak adalah belajar yang mengandalkan diri kita sendiri. Tips dari saya adalah tetapkan jadwal selama seminggu kalian ingin belajar bahasa pemrogramaan apa, selama seminggu itu kalian belajar tentang dasar-dasarnya, dilanjut minggu kedua dan seterusnya kalian bisa mencoba ngoding.

Editor : Arya Upe.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?