Beberapa Jenis-Jenis Virus Komputer 

https://tse3.mm.bing.net/th?id=OIP.lo1VokKkRpkNJOyUVj5-wAAAAA&pid=Api&P=0&w=171&h=156

Setiap jenis jenis virus komputer memiliki muatan yang melakukan suatu tindakan. Malware dapat mengkodekan aktivitas jahat apa pun ke dalam muatan virus, termasuk lelucon sederhana, konten porno, dan banyak lagi yang sebagian tidak terlalu membahayakan. 

Sementara jenis jenis virus komputer lain, memiliki muatan yang menyebabkan kerusakan pada sistem dan data Anda. Berikut ini jenis jenis virus komputer yang umum dijumpai: 

1. Resident Virus 

Jenis jenis virus komputer yang pertama ada resident virus atau virus penduduk mengatur di RAM dan mencampuri operasi sistem komputer. Resident Virus terbilang sangat licik. Bahkan mereka dapat melampirkan sendiri ke file perangkat lunak anti-virus Anda. 

Jenis virus komputer ini paling umum yang ditemui. Virus bisa berasal dari lampiran email, unduhan yang terinfeksi, atau file yang dibagikan dan kemudian diaktifkan setiap kali komputer Anda melakukan tindakan tertentu. 

Bahkan mereka dapat melampirkan dirinya ke perangkat lunak anti-virus. Cara mengatasi jenis virus komputer ini, Anda perlu melibatkan seorang ahli yang bertugas. 

2. Boot Sector Virus 

Salah satu jenis virus komputer tertua yang muncul di era 90an. Virus boot sector langsung menyerang inti komputer Anda, memengaruhi proses startup atau ‘boot’. Drive komputer memiliki sektor yang bertanggung jawab penuh untuk menunjuk ke sistem operasi sehingga dapat boot ke antarmuka. 

Virus boot sector merusak atau mengontrol boot sector pada drive, membuat mesin tidak dapat digunakan. Virus aktif umum terjadi saat pengguna mencolokkan perangkat USB dan mem-boot mesin komputer. 

Jika komputer Anda menangkap salah satu virusnya, maka Anda memerlukan seorang ahli untuk melakukan pemformatan ulang sistem penuh. 

3. Virus Makro 

File Microsoft Office dapat menjalankan makro yang dapat digunakan untuk mengunduh malware tambahan atau menjalankan kode berbahaya. Virus makro mengirimkan muatan saat file dibuka, dan makro berjalan. 

Jenis virus komputer ini biasanya terdapat pada program Microsoft Office. File Word dan Excel adalah tempat favorit bagi virus makro untuk menyematkan dirinya. 

Seperti kebanyakan jenis jenis virus komputer lainnya, kecuali spacefiller. Virus makro meningkatkan ukuran file saat menginfeksi, karena mereka melampirkan kodenya sendiri. 

Setelah virus makro menginfeksi file, ia dapat dengan mudah menyebar ke komputer lain saat file tersebut dibagikan, misalnya melalui email dan flashdisk. 

4. Virus Trojan Horses 

Jenis jenis virus komputer berikutnya adalah Trojan Horses atau Kuda Troya. Mengambil nama dari kuda kayu besar tempat orang Yunani bersembunyi untuk masuk ke dalam kota kuno Troy. 

Ini termasuk jenis virus komputer yang licik. Biasanya digunakan oleh penjahat dunia maya, disamarkan sebagai program biasa. Kemudian menggoda Anda untuk menginstalnya di komputer. 

Setelah terinstal, virus mendapatkan akses ke file komputer dan menangkap data pribadi Anda, seperti kata sandi dan informasi perbankan online. Ini bisa digunakan oleh peretas untuk melakukan pembelian online dengan rekening bank Anda atau mengekspos informasi pribadimu. 

5. Overwrite Virus 

Jenis jenis virus komputer selanjutnya ada Overwrite Virus atau Timpa Virus. Timpa virus biasanya mengambil alih file dan menghapus kode asli tanpa Anda sadari. Setelah dihapus, file asli tidak dapat dipulihkan dan data hilang. 

Overwrite Virus sering menyebar melalui email melalui lampiran atau melalui unduhan file di internet. Sebaiknya selalu pindai file dengan perangkat lunak anti-virus sebelum mengunduh dan membukanya. Ini akan membantu Anda mendeteksi virus ini bahkan sebelum mereka sempat menimbulkan masalah. 

6. Browser Hijacker 

Jenis jenis virus komputer berikutnya yang tak kalah menyeramkan adalah Browser Hijacker atau Pembajak Peramban. Sebuah virus yang dapat mengubah pengaturan pada browser, membajak browser favorit, URL halaman rumah, preferensi pencarian Anda dan mengarahkan ke situs berbahaya. 

Situs tersebut dapat berupa situs phishing atau halaman adware yang digunakan untuk mencuri data atau menghasilkan uang bagi peretas. 

Jenis virus komputer ini akan mengambil alih pencarian internet Anda. Meskipun tidak berbahaya seperti jenis virus lainnya, tapi ini termasuk masalah yang mengganggu karena mereka secara signifikan menurunkan UX Anda saat menjelajahi internet. 

Gejala yang dialami seperti jika Anda mengalami banyak iklan pop-up acak atau browser beranda berubah. Cara mengatasinya, pindai lampiran email sebelum membuka dan hindari mengunduh file dari situs web yang mencurigakan untuk menghindari Browser Hijacker. 

7. Web Scripting Virus 

Jenis jenis virus komputer seperti Web Scripting Virus atau Virus Skrip Web adalah salah satu di zaman modern. Virus skrip web adalah bug kecil yang sangat pintar yang menyatu dengan situs web, biasanya platform media sosial. 

Web Scripting Virus akan menyamar sebagai tautan biasa, menggodamu untuk mengekliknya. Kemudian, seperti pengganggu mereka bisa mencuri datamu. Jeni virus komputer ini bisa mengirim spam ke sistem Anda dan merusak data, sertamenyebar lebih cepat daripada kebanyakan virus komputer lainnya. 

8. Direct Action Virus 

Jenis virus komputer selanjutnya ada Direct Action Virus atau Virus Aksi Langsung. Saat Anda mengeksekusi file yang tampaknya tidak berbahaya yang dilampirkan dengan kode berbahaya, virus ini akan mengirimkan muatan dengan segera. 

Direct Action Virus juga dapat tetap tidak aktif sampai tindakan tertentu diambil atau bertahan dalam jangka waktu lama saat kumat. 

9. Polymorphic Virus 

Jenis virus komputer berikutnya adalah Polymorphic Virus atau Virus Polimorfik. Pembuat malware dapat menggunakan kode polimorfik untuk mengubah jejak program untuk menghindari deteksi. Virus polimorfik mempersulit antivirus untuk mendeteksi dan menghapusnya. 

Seperti bunglon yang berubah warna, jenis virus komputer ini berubah setiap kali bereplikasi. Hal ini membuat sebagian besar program anti-virus sulit untuk mengatasi. 

Biasanya tanda muncul melalui lampiran email atau unduhan dari situs web yang mencurigakan. Polymorphic Virus mampu menghapus file, mencuri data dan umumnya menyabotase sistem Anda. Sehingga Anda memerlukan antivirus andal dan menggunakan teknik pemindaian yang lebih canggih untuk mengatasinya. 

10. Multipartite Virus 

Jenis virus komputer selanjutnya ada Multipartite Virus atau Multipartite Virus yang mampu menyebar ke seluruh jaringan atau sistem lain. Mereka dapat menyalin dirinya sendiri atau memasukkan kode ke sumber daya komputer yang penting. 

Kadang-kadang disebut ‘virus multi-bagian’, yang juga mampu menyerang sektor boot pusat komputer atau melalui file. Mereka biasanya menyebar melalui file .exe, serta menjadi program seperti Word dan Excel. 

Tanda jenis virus komputer ini berupa memakan memori virtual dan komputer Anda tiba-tiba melambat. 

11. Spacefiller Virus 

Jenis jenis virus komputer yang memiliki nama cukup unik, yakni Spacefiller Virus atau Virus Pengisi Luar Angkasa atau ”virus rongga”. Jenis virus komputer ini menemukan ruang kosong dalam kode program dan langsung masuk dengan menambahkan kode mereka sendiri. 

Dengan cara ini, mereka tidak mengubah ukuran file seperti yang dilakukan virus lain. Sebagian besar program antivirus sulit untuk mendeteksi spacefiller. Untungnya, jenis virus komputer ini tak hanya sulit dideteksi. Tapi juga sulit dibuat dan tidak banyak jenis file yang bisa mereka lampirkan. Hal ini membuat virus spacefiller menjadi langka. 

12. File Infector Virus 

Jenis jenis virus komputer yang terakhir adalah File Infector Virus atau Virus Penginfeksi File. Tandanya dengan merusak file yang dapat dieksekusi (.exe). File Infector Virus ini akan memperlambat program dan merusak file sistem Anda menjalankan komputer. 

Untuk bertahan pada sistem, virus akan mengancam dan untuk menyuntikkan kode berbahaya ke file yang menjalankan sistem operasi atau program penting. Saat sistem boot atau program berjalan, virus diaktifkan. 

Editor: Kapersa


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?