Saat ini ada banyak pilihan bahasa pemrograman yang bisa kamu Pelajari untuk menjadi seorang Developer atau Programer Seperti, Java, C++,Python, dan bahasa pemrograman lainya.

Setiap pilihan bahasa pemrograman bisa membantu kamu melakukan banya hal yang berbeda tergantung dari apa yang ingin kamu lakukan.

Mulai dari membuat aplikasi/software untuk berbagai perangkat, mendesain tampilan website yang menarik, hingga menciptakan video game dengan grafis tinggi.

1. Python

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman terpopuler di kalangan pemula karena menawarkan sintaks yang jelas dan intuitif. Secara umum, python di gunakan untuk pengembangan website maupun software/aplikasi untuk segala jenis perangkat. Sebagai contoh, situs-situs ternama seperti Mozilla, Instagram, spotfy, hingga The Washington Times menggunakan Django.

Dan kabar baiknya, bahasa pemrograman ini bisa di jalankan di berbagai sistem operasi baik itu windows, linux, mac, maupun platformlainya. Selain itu Python juga merupakan bahasa pemrograman yang open source programing language yang bisa di gunakan secara gratis, serta di dukung oleh komunitas Developer terbaik.

2. Java

Merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling umum, dan banyak di gunakan dallam pengembangan berbagai macam aplikasi mulai dari online game, chat applocations, Bank, hingga Big data. Tidak hanya itu, java juga banyak di manfaatkan untuk mengembangkan website dari sisi back-end. Situs ternama seperti Google, YouTube, dan Twitter adalah beberapa contoh website populer yang memanfaatkan bahaasa pemrograman ini.

Dan Menariknya, bahasa pemrograman ini menawarkan kemampuan Write Once, Run AnyWhere ( WORA ). yang Artinya kode java yang di kembangkan di satu sistem bisa di jalankan di sistem lainya tanpa membutuhkan suatu penyesuaian.

Selain itu, Programing Language ini juga mempunyai kode yang sederhanadan tidak begitu kompleks, sehngga bisa mudah di pahami oleh pemula sekalipun.

3. JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang banyak di gunakan dalam pengembangan yang banyak di gunakan dalam pengembangan website, baik dari sisi Front-end maupun Back-end. Sebagai contoh, kamu dapat menfaatkan bahasa pemrograman ini untuk menambahkan animasi atau efek tertentu ke dalam halaman website dan membuatnya lebih interaktif.

Nah, Animasi dalam web Anime.js berikut ini adalah salah satu contohnya.

Faktanya, ada banyak brand populer yang menggunakan JavaScript untuk menciptakan dynamic website content. Diantaranya seperti Facebook, Twitter, Amazon, Wikipedia, Google, dan masih banyak nama besar lainnya. Yang tidak kalah penting, JavaScript juga kompatibel dengan berbagai jenis browser dan bisa di muat dalam waktu yang singkat. 

Sedangkan dari sisi back-end, programming language ini bisa di jalankan melalui Node.Js, sehingga mendukung banyak sistem operasi termasuk Windows, Linux, dan MacOS.

3. C++

C++ adalah bahasa pemrograman populer yang digunakan untuk mengembangkan sistem operasi, browsers, games, database software, serta berbagai aplikasi/software lainnya. Dalam perangkat Windows, misalnya, baik sistem operasi maupun aplikasi yang ada di dalamnya seperti (Microsoft Office dan Internet Explorer) menggunakan C++. 

Sebagaimana Java, C++ juga memungkinkan Anda untuk menjalankan program di sistem apapun. Sebagai contoh, Anda mengembangkan sebuah aplikasi berbasis C++ di Linux. Nah jika suatu sast kamu harus beralih ke Windows atau sistem operasi lain, Aplikasi tersebut akan bisa beradaptasi dan tetapbisa berjalan tanpa hambatan.

4. PHP

PHP atau yang juga di kenal sebagai Hypertext Preprocessor adalah bahasa pemrograman open-source yang biasa di pakai pada pemrograman dan pengembangan website.  Skrip bahasa ini sebenarnya hampir sama dengan JavaScript dan Python. Perbedaan utamanya adalah PHP lebih sering di pakai untuk berkomunikasi dengan sisi server.

PHP pertama kali di kembangan oleh Rasmus Lerdrof pada tahun 1994. Sejak saat itu, bahasa ini menjadi salah satu programming language terpopuler di kalangan web developer.

Banyak website dan CMS ternama yang menggunakan PHP sebagai sebagai salah satu bahasa pengembangannya. Seperti Facebook, WordPress, dan Digg, contohnya.

Salah satu fungsi PHP dalam web development adalah menciptakan tampilan website dinamis dan juga interaktif yang lebih canggih di bandingkan dengan Java. PHP adalah bahasa dan skrip yang baik di pakai untuk membuat website statis maupun dinamis, dan juga web applications atau aplikasi web.

5. Perl

Perl adalah penanganan teks dan berbagai jalan pintas untuk menyelesaiakn persoalan-persoalan umum. Tidak heran jika Perl sangat populer digunakan dalam program-program CGI (Common Gateway Interface) dan berbagai protokol Internet lainnya. Seperti diketahui, TCP/IP sebagai basis bagi semua protokol Internet yang dikenal sekarang ini menggunakan format teks dalam komunikasi data.

Seperti juga bahasa populer lainnya, Perl menerima banyak kritikan. Meski banyak di antaranya hanya berupa mitos, atau berlebih-lebihan, tetapi terdapat juga sejumlah kritikan yang valid. Salah satunya adalah, sintaksnya susah dibaca, karena banyak menggunakan simbol-simbol yang bukan huruf dan angka.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?