Apa itu Swift ?

Swift adalah bahasa pemrograman dengan multi-paradigma untuk development iPadOS, macOS, tvOS, watchOS, dan iOS. Swift adalah bahasa pemrograman keluaran dari Apple pada tahun 2014 untuk para developers mengembangkan aplikasi iOS.

Sejarah Bahasa Pemrograman Swift

Development bahasa pemrograman Swift dimulai sejak tahun 2010 oleh Chris Lattner dan programmer lain yaitu Doug Gregor, John McCall, Ted Kremenek, dan Joe Groff dari Apple.

Ide dasar Swift berasal dari Objective-C, Rust, Haskell, Ruby, Python, C#, CLU, dan banyak bahasa pemrograman lainnya.

Versi pertama Swift adalah 1.0 yang mengalami peningkatan besar-besaranke Swift 2 di WWDC 2015. Lalu, versi 2.2 hadir sebagai perangkat lunak open-source dengan lisensi Apache 2.0 pada 3 Desember 2015, untuk platform Apple dan Linux.

Untuk versi ketiganya, Swift 3.0 mengalami evolusi yang signifikan . Terdapat beberapa perubahan versi Swift 4.0 dimana dapat memperbarui kode yang ditulis versi Swift sebelumnya dengan fungsi migrasi dan dibangun ke dalam Xcode.

Kelebihan Swift

  • Safety

Swift lebih aman daripada bahasa berbasis C, Swift menghilangkan classes dari kode yang tidak aman dan memungkinkan kode “lebih bersih” dengan sedikit crash runtime.

  • Speed

Apple mengklaim bahwa algoritma pencarian menyelesaikan hingga 2,6 kali lebih cepat daripada Objective-C dan mencapai 8,4 kali lebih cepat dari Python.

  • Cross-Platform

Swift sudah mendukung semua platform Apple dan Linux, dengan anggota komunitas secara aktif bekerja untuk port ke lebih banyak platform.

  • Intuitif

Swift adalah bahasa pemrograman ramah pengguna. Kode yang ada juga lebih sederhana.

Contoh aplikasi yang menggunakan Swift

  • Slack

Slack telah memanfaatkan Swift dengan baik dalam tumpukan teknisnya, dalam membawa komunikasi dan kemitraan tim ke satu tempat sehingga anda dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

  • Linkedin

Aplikasi yang tak tertandingi dalam hal networking untuk spesialis yang saat ini digunakan secara global oleh banyak profesional. Linkedin bergantung pada Swift hingga menjadi platform yang handal selama bertahun-tahun.

Editor : Nida


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?