Bahasa Pemrograman ruby on rails

Nah kali ini Mimin akan membahas bahasa pemrograman ruby on rails, nah apasih? ruby on rails dan apa keunggulanya dari bahasa pemrograman lain? berikut ulasanya.

Ruby on Rails, atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Rails, ialah sebuah kerangka kerja aplikasi web sumber terbuka yang berjalan dengan bahasa pemrograman Ruby, dan Rails termasuk kerangka kerja yang full stack lo, maksudnya ialah mampu membuat laman dan aplikasi yang mengumpulkan informasi dari server web, juga bisa mengolah templat dari sumber web. dan sebagai hasilnya rails menyajikan fitur sistem routing yang tentunya independen dari server web.

Nah setelah kalian mengerti apa itu rails ada baiknya kalian juga mengetahui sejarah dari bahasa pemrograman ini.

SEJARAH

Bahasa pemrograman ini pertama di rilis pada juli 2004 oleh david Heinemeier Hansson. Pada awalnya, framework ini merupakan bagian dari Basecamp lo, yaitu sebuah Project Management Tool yang juga merupakan nama sebuah perusahaan pemiliknya.

Pertama Rails versi 2.3 di rilis pada Maret 2015 dengan banyak fitur baru seperti Rails Engine, Rack, dan Nested Mode Forms.

Kedua Rails versi 3.1 di rilis pada 31 Agustus 2011 dengan fitur mayor seperti Reversible Database Migrations, Asset Pipeline, Streaming, jQuery sebagai Javascript Library dan memerkenalkan CoffeeScript serta Sass.

Ketiga Rails versi 3.2 di rilas pada 20 Januari 2012 yang memfokuskan pada performa dan kecepatan. Pada versi ini Routing EngineAutomatic Query Explain dan Tagged Logging pertama kali di perkenalkan. Versi ini juga merupakan versi Rails terakhir yang men Support Ruby versi 1.8.7.

Keempat Rails versi 4.0 di rilis pada 25 Juni 2013, memperkenalkan Russian Doll Caching, Turbolinks, Live Streaming. Active Resource dan Active Record Observer mulai di pisah dari sistem, dan tersedia sebagai Gem.

Kelima ada Rails 4.1 dirilis pada 8 April 2014, memperkenalkan Spring, Variants, Enums, Mailer previews, and secrets.yml. Dan Rails 4.2 dirilis pada 19 Desember 2014, memperkenalkan Active Job, asynchronous emails, Adequate Record, Web Console, and foreign keys. Kali ini, Aaron Petterson dipercayakan untuk merombak Active Record untuk meningkatkan performa.

dan yang terahir rilis adalah rails 5.0 yaitu rails yang di rilis pada 30 juni 2016, dengan membawa fitur action cable, rails api, dan active record attributes API.

Setelah kalian mengetahui sejarah dari Rails yang sangat banyak dari versi ke versi, kali ini mimin akan memberi tahu apasih keunggulan bahasa pemrograman ini dari bahasa pemrograman lainnya.

Keunggulan

  • Ruby bersifat fleksibel dan memiliki framework yang IDE friendly.
  • Kemampuan migrasi database. Ruby dapat mendukung berbagai platform.
  • Penggunaan fungsi dan manipulasi yang mudah.
  • Ruby bersifat konsisten pada struktur dan metodologinya.

Kekurangan

Nah namun tidak ada bahasa pemrograman yang sempurna Rail juga memiliki beberapa kekurangan seperti:

  • Butuh kemampuan pemrograman tinggi.
  • Lebih rumit dalam pembuatan proyek skala besar.
  • Dokumentasi yang hanya mencakup framework populer.
  • Membutuhkan sumber daya komputasi lebih.
  • Performa yang relatif lambat.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?