Python adalah bahasa pemrograman tujuan umum yang ditafsirkan, tingkat tinggi. Dibuat oleh Guido van Rossum dan pertama kali dirilis pada tahun 1991, filosofi desain Python menekankan keterbacaan kode dengan penggunaan spasi putih yang signifikan.

Pencipta bahasa pemrograman Python yakni Guido Van Rossum sebetulnya terinspirasi dari sebuah acara sketsa komedi yang ditayangkan di BBC Channel yakni, Mothy Python Flying Circus. 20 Februari 1991 pun akhirnya menjadi tanggal penting sejarah bahasa pemrograman Python.

Bahasa Pemrograman Python mudah dipelajari dibanding bahasa pemrograman lain, Phyton relatif lebih mudah dipelajari. Bahasa ini memiliki sintaks yang cukup sederhana dan gampang dimengerti. Python ini sangat dinamis dan dibangun berdasarkan tingkat keterbacaan kode yang tinggi.

Saat ini versi terbaru python adalah Python 3.10.0.

Desain Python menawarkan beberapa dukungan untuk pemrograman fungsional dalam tradisi Lisp. Memiliki fungsi filter, map, dan reduce;daftar pemahaman, kamus, set, dan ekspresi generator. Pustaka standar memiliki dua modul (itertools dan functools) yang mengimplementasikan alat fungsional yang dipinjam dari Haskell dan Standard ML.

Filosofi inti bahasa diringkas dalam dokumen The Zen of Python (PEP 20), yang mencakup kata-kata mutiara seperti:

Cantik itu lebih baik.

Eksplisit lebih baik daripada implisit.

Sederhana lebih baik daripada kompleks.

Kompleks lebih baik daripada rumit.

Keterbacaan itu penting.

Python dirancang untuk dapat dikembangkan. Modularitas yang ringkas ini membuat sangat populer sebagai sarana untuk menambahkan antarmuka yang dapat diprogram ke aplikasi yang ada. Visi Van Rossum tentang bahasa inti kecil dengan perpustakaan standar yang besar dan penerjemah yang mudah diperluas berasal dari rasa frustrasinya dengan ABC, yang mendukung pendekatan yang berlawanan.

Pengguna dan peminat Python sering disebut sebagai Pythonistas.

Program untuk menghitung faktorial dari bilangan bulat positif:

n = int(input(‘Ketik sebuah angka, dan faktorialnya akan diprinted: ‘))

if n < 0:

raise ValueError(‘Anda harus memasukkan bilangan bulat bukan negatif’)

faktorial = 1for i in range(2, n + 1): faktorial *= iprint(faktorial)

Konferensi pengembang Python di Indonesia (PyCon Indonesia[58]) dilaksanakan sejak tahun 2017, berlangsung setiap tahun.

Berikut tema dan lokasi konferensi pengembang Python Indonesia:

-2017 di Surabaya dengan tema “A New Beginning”

– 2018 di Jakarta dengan tema “Python for Everyone”

-2019 di Surabaya dengan tema “The Beauty of Python”

-2020 secara daring dengan tema “Connect – Collab – Contribute”Ini adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh komunitas Python Indonesia.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?