https://1.bp.blogspot.com/-LTa5wjDAX_c/XoNrYb7lEGI/AAAAAAAACvA/bOO44yk_2hIDKHYjnLtYjJ7FM7bVIRrmgCLcBGAsYHQ/s1600/Keamanan-Jaringan.jpg

Kemungkinan ancaman yang dapat terjadi dalam sistem jaringan komputer,pasti membuat kalian khawatir.Namun,tidak perlu khawatir karena ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya peretasan maupun masalah lainnya.Dalam melakukan upaya pencegahan keamanan jaringan komputer,ada banyak aspek yang perlu diperhatikan. 

Berikut ini simak beberapa cara untuk meningkatkan keamanan jaringan pada sistem komputer : 

  • Pengamanan Secara Fisik 

Kalian dapat mengamankan sistem keamanan jaringan komputer dengan bantuan perangkat yang berbentuk fisik.Dengan meletakkan pengaman secara fisik yang berbentuk perangkat keras atau hardware pada lokasi yang tepat dan aman,maka akan memberikan kemudahan dalam mengawasinya. 

Bukan hanya itu,meletakkan perangkat keras keamanan jaringan harus di dalam ruangan yang bersih.Disarankan supaya meletakkan pengaman pada ruangan yang memiliki AC untuk menghindari adanya debu serta suhu lembab.Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kalian perlu menyediakan kunci pengaman khusus.Hal tersebut ditujukan agar tidak ada seorangpun yang masuk,kecuali dengan alasan dan kepentingan tertentu. 

  • Pengamanan Akses 

Cara selanjutnya untuk meningkatkan sistem keamanan jaringan yakni dengan penggunakan pengaman akses.Untuk menghindari adanya penyalahgunaan terhadap akses ke sistem,seorang administrator pastinya harus memberikan izin akses kepada orang yang berhak dan pantas saja.Selain itu,untuk meningkatkan keamanannya perlu membuat username dan password unik dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga tidak dengan mudah orang lain dapat mengingatnya. 

  • Pengamanan Data 

Cara selanjutnya untuk menjaga sistem keamanan jaringan,kalian dapat melakukan pengamanan data.Pengamanan data sendiri ditujukan agar pengguna hanya mendapatkan akses yang memang haknya saja.Pengamanan data dilakukan dengan membuat hak ases pada masing-masing pengguna. 

Masing-masing pengguna tersebut hanya dapat melakukan akses pada sebuah data tertentu yang sudah disesuaikan dengan hak akses yang dimiliki oleh masing-masing pengguna.Dengan demikian,para pengguna lain tidak dapat mengakses sembarangan informasi atau data lain yang bukan miliknya dan pengguna akan aman dengan adanya hak akses tersebut. 

  • Pengamanan Komunikasi Jaringan 

Terakhir,untuk meningkatkan sistem keamanan jaringan,kalian dapat melakukan pengamanan komunikasi jaringan.Tujuan utamanya untuk mengamankan setiap komunikasi yang dilakukan di dalam jaringan. 

Pengamanan komunikasi jaringan dilakukan dengan menggunakan bantuan kriptografi.Dengan adanya kriptografi,seluruh data dan informasi yang sensitif dan penting tersebut dapat dienkripsi.Enkripsi data tersebut dilakukan mulai dari proses pengiriman hingga penerimaan data dilakukan sehingga proses dapat berjalan dengan aman. 

Editor: Kapersa


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?