Backdoor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses sistem, aplikasi, atau jaringan tanpa harus menangani proses autentikasi. Backdoor dapat membantu user yang membuat backdoor (peretas) dapat masuk ke dalam sistem tanpa harus melewati proses autentifikasi. Backdoor juga dapat diartikan sebagai mekanisme yang digunakan untuk mengakses sistem atau jaringan.

Awalnya backdoor dibuat para programmer untuk mendapatkan akses khusus untuk masuk ke dalam program yang mereka kembangkan. Apalagi saat terjadi masalah pada program mereka, seperti crash maupun masalah yang diakibatkan oleh bug. Pada saat terjadi masalah itu, backdoor menjadi salah satu solusi yang berhasil dibuat.

Namun, sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, backdoor yang sebelumnya menjadi solusi, saat ini menjadi salah satu celah yang digunakan mengambil akses sistem secara paksa. Backdoor disisipkan ke dalam kode sistem maupun sebuah program secara diam-diam sehingga pengguna tidak mengetahui ada backdoor pada sistemnya. Akibatnya, pembuat backdoor tadi dapat masuk dan mendapatkan akses ke dalam sistem pengguna bahkan dapat mengakses keseluruhan sistem.

Jenis-jenis backdoor dilihat dari tipenya.

Web Shell Backdoor

Web Shell Backdoor adalah salah satu cara memperoleh backdoor (pintu masuk) melalui web shell. Apa itu web shell? Web shell adalah sejenis teks perintah yang terdapat pada halaman website yang dapat digunakan untuk melakukan akses ke dalam sistem dengan mengeksekusi program tertentu.

System Backdoor

System Backdoors adalah jenis backdoor yang paling populer dari sekian tipe backdoor. Jenis ini termasuk menjadi target utama dalam melakukan backdoor. Dikarenakan memberikan fleksibilitas dan stabilitas dibandingkan dengan web shell backdoor.

Mengatasi backdoor di web hosting

Pada web hosting ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membersihkan backdoor. Berikut beberapa pengecekan yang bisa dilakukan untuk penanganan backdoor.

Tema-tema yang tidak digunakan lebih baik dihapus dan gunakan tema yang original serta terpercaya.

Lakukan pengecekan file .htaccess, pastikan tidak ada script redirect.

Periksa file wp-config.php sehingga sama dengan file wp-config-sample.php pada konfigurasinya.

Mencari File yang Mengandung Backdoor

Langkah ini terkadang berguna untuk penanganan pasca terjadi serangan pada server web hosting. Tujuannya adalah untuk mencari jika masih ada script yang tertanam di suatu file di salah satu folder. Masalahnya adalah di sana banyak sekali folder dan file yang tersimpan. Mulai dari ratusan megabytes sampai dengan beberapa gigabytes.Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mencari potongan kode yang ada di salah satu file server adalah dengan menggunakan teks perintah. Pada Linux terdapat perintah grep yang dapat digunakan untuk mencari potongan script yang ada di dalam file.

Grep sudah ada di setiap Linux sehingga tidak perlu melakukan instalasi lagi. Sedangkan untuk file website yang ingin diperiksa harus di unduh terlebih dahulu.

Mencari Baris Perintah Passtrhu Menggunakan Linux

Baris perintah berikut digunakan untuk mencari seluruh folder dan file yang terdapat pada public_html yang mengandung script passtrhu.

$ grep -Rn “passthru *(” public_html/

Jika ingin menyimpan hasil dari pencarian ke dalam sebuah file, makan dapat menggunakan perintah berikut.

$ grep -Rn “passthru *(” public_html/ >> hasil.txt

Mencari Baris Perintah Passtrhu Menggunakan Windows

Jika menggunakan sistem operasi Windows juga terdapat perintah yang dapat digunakan untuk melakukan pengecekan baris kode. Jika di Linux menggunakan Grep maka di Windows menggunakan Findstr.

$ findstr /r /s /n /c:”passthru *(” *.*Kedua cara tersebut adalah salah satu contoh dari beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menangani masalah pada backdoor.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?