Apa Saja Komponen pada Browser?

Apakah kalian tahu apa itu browser? Apa saja komponen pada browser? Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai apa itu browser dan beberapa komponen pada browser. Browser adalah perangkat lunak atau bisa berupa aplikasi yang di gunakan untuk membuka website. Di zaman serba teknologi seperti ini, semakin banyak orang yang sudah menggunakan internet di dalam kehidupan sehari-harinya, termasuk dalam melakkukan sebuah pekerjaan. Tapi apakah kalian tahu pengertian browser yang sebenarnya?

Browser adalah salah satu jenis perangkat lunak atau software yang pada umunya di gunakan dan di manfaatkan untuk membuka suatu halaman di situs internet. Browser di sebut juga dengan software yang berfungsi sebagai penerima, pengakses, dan penyaji berbagai informasi di internet.

Selanjutnya, terdapat beberapa komponen yang ada pada browser :

  1. Status Bar adalah kotak di bagian bawah jendela browser. Status Bar menampilkan segala macam informasi dan untuk menunjukkan kecepatan dan URL dari alamat yang sedang di tunjuk oleh mouse.
  2. Kemudian ada, Address Bar adalah kotak di bagian atas jendela browser yang menampilkan seluruh URL atau alamat situs web.
  3. Selanjutnya, Title Bar merupakan judul dari halaman web yang sedang di buka. Ikon ini berada pada garis paling atas dari jendela browser berupa tab.
  4. Menu Bar berisi menu-menu utama browser, seperti file,edit, view, da menu lainnya. Di dalam menu-menu tersebut terdapat beberapa submenu yang lain. Untuk menampilkan menu bar tersebut dapat menekan tomblo F10 pada keyboard.
  5. Tool Bar merupakan tombol-tombol standar yang sering di gunakan pada saat browsing dan sebagai jalan pintas (shortcut) untuk menu-menu yang ada dalam bentuk button. Ada beberapa bagian-bagian pada Tool Bar :
    1. Back : Untuk kembali ke halaman web sebelumnya
    2. Forward : Untuk maju ke halaman web berikutnya
    3. Stop : Untuk menghentikan proses download situs web
    4. Refresh : Untuk menampilkan kembali halaman web
    5. Home : Untuk kembali ke halaman pertama
  6. Workspace merupakan ruang untuk menampilkan informasi dari halaman yang sedang di kunjungi.

Editor : Erna Febriani


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?