Apa itu VPN?

Virtual Private Network

VPN (Virtual Private Network) adalah layanan koneksi jaringan yang memberikan akses kesemua website dengan lebih aman (secure) dan bersifat pribadi (private). Dengan melakukan perubahan jalur koneksi yang seharusnya dilewati dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi sehingga terciptalah koneksi yang aman.

Jika diartikan secara terpisah, VPN terdiri dari 3 kata yaitu VirtualPrivate dan Network:

  • Virtual, hal yang ditampilkan bersifat semu atau tidak nyata yang ada di dunia internet.
  • Private, suatu hal yang bersifat pribadi, tidak bisa diketahui oleh orang lain yang tidak memiliki hak.
  • Network, koneksi yang saling terhubung antara satu dengan lainnya.

Fungsi VPN

  1. Meningkatkan Kecepatan
  2. Menutupi Aktivitas Browsing
  3. Mengamankan Transaksi Online

Bagaimana cara kerja VPN?

Cara kerja VPN adalah melakukan enkripsi pertukaran data bahkan sebelum koneksi publik di tempat kopi atau warung internet membacanya. Ketika terhubung dengan internet menggunakan koneksi VPN itu seperti mengakses internet menggunakan lorong khusus, tidak menggunakan jaringan utama.

Server VPN bertugas untuk meneruskan koneksi Anda ke situs yang ingin diakses. Jadi koneksi yang Anda lakukan akan dikenali sebagai koneksi dari jaringan server VPN bukan jaringan yang digunakan pada saat itu.

Jadi ketika menggunakan jaringan tanpa VPN maka koneksi yang dilakukan secara langsung (direct) tanpa enkripsi. Sedangkan jika menggunakan VPN, maka koneksi yang dilakukan terenkripsi dan dilewatkan terlebih dahulu melalui VPN server.

Kemudian, bagaimana cara kerja VPN mengamankan data ketika melakukan pertukaran data di internet?

Ketika  menggunakan VPN (biasanya menggunakan aplikasi), data Anda dienkripsi oleh aplikasi dan baru dikirimkan melalui ISP kemudian ke server VPN. Server VPN menjadi perangkat ketiga untuk menghubungkan dengan situs atau layanan online. Ini akan dapat memecahkan masalah privasi dan keamanan data saat melakukan pertukaran data.

Manfaat VPN

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan VPN, antara lain seperti melakukan remote access. Remote access mengizinkan kita mengakses internet menggunakan jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke internet. Selain itu, berikut ini adalah beberapa manfaat dari VPN:

1.      ByPass

Anda dapat melewati pembatasan geografi terhadap situs streaming atau video. Misalnya oleh pemerintah untuk mengakses situs yang dianggap membahayakan, dan lain sebagainya.

2.      Pengamanan Data di Jaringan Publik

Manfaat VPN lainnya adalah melindungi pertukaran data yang Anda lakukan dari WiFi atau jaringan yang tidak dapat dipercaya. Ini akan membantu ketika menggunakan jaringan publik di kafe, bar, dan semacamnya.

3.      Mengamankan Informasi Pribadi Secara Anonim

VPN menyembunyikan lokasi Anda secara realtime ‘secara langsung’. Jadi, tidak sembarangan orang dapat mengetahui lokasi Anda berada saat melakukan akses. Biasanya lokasi yang terdeteksi adalah lokasi server VPN Anda berada.

4.      Data Dienkripsi

Saat memproses pertukaran data antara Anda dan web aplikasi online, data Anda dienkripsi. Sehingga meskipun seseorang melihat apa yang komputer kirimkan, mereka hanya melihat informasi yang sudah terenkripsi, bukan data mentah saja.

5.      Enkripsi Informasi Perangkat

Seseorang tidak bisa dengan mudah mengidentifikasi perangkat yang Anda gunakan, atau apa yang Anda lakukan.

Editor : Isma DwiR


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?