Mengenal terlebih dahulu apa itu Kecerdasan Buatan.

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah simulasi dari kecerdasan yang di miliki oleh manuisa yang sangat di modelkan di dalam mesin dan deprogram agar lebih bisa berfikir seperti manusia .

Istilah “robotic process automation” sendiri mulai terdengar di awal era 2000an. Namun sebetulnya RPA sudah mulai berkembang beberapa tahun sebelumnya. RPA boleh di bilang merupakan evolusi dari tiga teknologi utama: screen scraping, workflow automation, dan artificial intelligence.

sedangkan menurut Mc Leod dan Schell. kecerdasan buatan adalah aktivitas penyediaan mesin seperti computer dengan kemampuan untuk menampilkan perilaku yang di anggap sama dengan cerdasnya jika kemampuan tersebut di tampilkan oleh manusia.

AI merupakan system computer yang bisa melakukan perkerjaan yang sangat umumnya memerlukan tenaga manusia atau kecerdasan manusia yang menyelesaikan perkerjaan tersebut.

AL merupakan teknologi yang memerlukan data untuk dijadikan pengetahuan seperti manusia, AI membutuhkan pengalaman dan data supaya kecerdasan bisa lebih baik laginya, poin yang sangat penting dalam proses AI adlah learning, reasoning dan self correction.

Kecerdasan Buatan (AI) lebih cerdas dan belajar lebih cepat dengan menggunakan lebih banyak data dan setiap hari semua perusahaan menghasilkan bahan bakar ini untuk menjalankan solusi machine learning dan deep learning baik yang di kumpulkan dan di ekstraksi dari gudang data seperti Amazon Redshift yang benar-benar akurat melalui kekuatan klaster dengan Mechanical Turk maupun secara di namis di tambang melalui Kinesis Streams. Lebih jauh dengan munculnya IoT teknologi sensor secara eksponensial menambah jumlah data yang akan di analisis – data dari sumber dan tempat serta objek dan peristiwa yang sebelumnya hampir tidak tersentuh.

Fungsi RPA adalah :

  1. RPA meniru tindakan manusia
  2. Robotic process automation mengoperasikan apliaksi apapun itu dengan antarmuka pengguna
  3. Mengolah data dalam format terstruktur
  4. Berkerja secara terus menerus
  5. Robotic process automation memiliki akurasi yang tinggi

Keuntungan yang di dapatkan bisnis di dalam menerapkan RPA di antaranya :

1.Akurasi yang lebih baik

Software robotic process automation di programkan untuk lebih mengikuti aturan, patuh dan kosnsisten.

2.Peningkatan kepatuahan

Setelah di instruksikan robot RPA mengeksekusi dengan handal, mengurangi resiko. Semua tugasnya yang di jalankan oleh RPA akan di monitor dan perusahaan memiliki kendali penuh beroperasi dengan peraturan dan standar yang ada.

3.Penghematan biaya

RPA dapat mengurangi biaya pemrosesan hingga 80% di dalam waktu kurang dari 12 bulan sebagai besar perusahaan sudah memiliki pengembalian investasi yang positif dan potensi pengurangan biaya akumulatif lebih lanjut dapat mencapai 20%.

4.Terukur

Di seluruh unit bisnis dan geografi, RPA melakukan sejumlah besar operasi secara paralel, dari desktop ke lingkungan cloud. Robot tambahan dapat di gunakan dengan cepat dengan biaya minimal, sesuai dengan fluks kerja dan musiman.

5.Peningkatan kecepatan dan produktivitas
Karyawan adalah yang pertama menghargai manfaat RPA karena menghilangkan aktivitas yang tidak bernilai tambah dan membebaskan mereka dari tekanan pekerjaan yang meningkat.

Saran Penerapan RPA

  1. Jasa keuangan

Menggunakan RPA untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi dalam rangka kompetisi dengan fintech. Contoh tugas yang di lakukan, pada pembayaran mata uang asing, otomatisasi pembukaan atau penutupan rekening, mengelola audit request, dan memroses klaim asuransi.

2.Pemerintah

Mengotomatisasi fungsi-fungsi back office/fungsi yang langsung melayani masyarakat.

3.Transportasi dan logistic

Mengotomatisasi pemrosesan dokumen shipping dan proses berbasis dokumen lainnya

4.Energi

Mengotomatisasi tugas-tugas, mulai dari akunting sampai dengan pemeliharaan dalam rangka menjaga cost.

editor : sukur yulianti


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?