Sistem keamanan jaringan alias network security system merupakan perangkat yang bertugas untuk menghindari aktivitas tidak sah atau ilegal dalam sebuah jaringan komputer. Aktivitas tersebut berupa penyelundupan sebuah jaringan dengan tujuan mencuri data atau menanam virus di dalamnya.
 Sistem ini akan mengidentifikasi penyusup atau pengguna ilegal, kemudian mencegahnya agar tidak bisa mengakses jaringan komputer. Ada pula tujuan penting dari sistem keamanan jaringan, yaitu mengantisipasi ancaman atau bahaya siber secara langsung maupun tidak langsung supaya jaringan komputer tidak terganggu.

Jenis Jenis Keamanan

Jaringan komputer memiliki berbagai aspek dan fungsi masing-masing, begitu juga sistem keamanan jaringan komputer juga dirancang sesuai dengan fungsi dan tujuan masing-masing, diantaranya:

Web Security

Web menjadi bagian yang sangat penting dalam kemajuan teknologi. Web Security berperan dalam melindungi alat pencarian atau website. Selain itu, web security juga punya peran yang sangat penting terhadap e-commerce yang menyimpan ribuan bahkan jutaan data para pelanggan. 

Bentuk dari web security biasanya seperti secure socket layer yang digunakan sebagai alat untuk meningkatkan keamanan sebuah website. Seperti situs web yang sudah dipasang sertifikat SSL, bisa ditandai dengan ikon gembok pada bagian address bar browser.

E-mail Security

Selain melalui website, pencurian data juga marak terjadi melalui e-mail. Beberapa informasi krusial di simpan dalam e-mail, maka dari itu e-mail security sangatlah penting.

E-mail security sendiri bekerja dengan cara memblokir serangan-serangan yang membahayakan dan berpotensi mencuri data-data penting. Umumnya, e-mail security juga dilengkapi dengan sistem softare anti spam yang melindungi semua penggunanya.

Wireless Security

Saat ini, hampir semua perangkat terhubung secara wireless atau nirkabel. Jaringan nirkabel ini juga menjadi salah satu bagian yang rentan diserang oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Keamanan jaringan nirkabel sangatlah rendah sebab jaringan nirkabel hanya memiliki konfigurasi dan jenis enkripsi yang sangat lemah. 

Wireless Security biasanya digunakan untuk mengantisipasi serangan virus dari luar.

Application Security

Application Security juga sangat penting sebab aplikasi juga menyimpan banyak data pengguna dan seringkali menjadi sasaran pencurian data. Application Security akan membuat tingkat keamanan yang lebih tinggi lagi dan terbebas dari serangan siber.

Endpoint Security

Perangkat komputer yang digunakan bisa menjadi sasaran dari pencurian data. endpount security bisa berfungsi sebagai alat keamanan pada perangkat pribadi yang terhubung dalam jaringan bisnis.

Firewall

Firewall bekerja seperti perisai untuk mengamankan jaringan komputer. Selain itu, untuk jaringan komputer internal dari sebuah jaringan eksternal juga perlu dicurigai.

Jika menggunakan firewall, traffic jaringan bisa diperiksa berdasarkan beberapa protokol. Bahkan firewall juga  bisa digunakan untuk memblokir traffic yang berpotensi membahayakan.

Data Loss Prevention

Data Loss Prevention merupakan jenis sistem keamanan jaringan komputer yang berfungsi untuk menjaga beberapa data sensitif.

Sistem Data Loss Prevention memiliki rancangan agar sistem bisa bekerja secara otomatis. Saat menggunakan sistem tersebut juga bisa mempermudah dalam proses pemeriksaan data pada jaringan komputer tersebut.

Behavioral Analytics

Sistem keamanan ini diciptakan untuk mengetahui apa saja aktivitas dari orang yang ingin menggunakan akses ilegal. Salah satu cara untuk mengatasi aktivitas-aktivitas mencurigakan adalahdengan anomaly detection engines. 

Tools tersebut memiliki fungsi untuk melakukan analisis pada suatu jaringan. Setelah itu pengguna internet juga diberikan notifikasi saat melakukan aktivitas-aktivitas mencurigakan dan pelanggaran. 

Antivirus dan Malware

Antivirus dan Antimalware adalah tools yang paling populer dan banyak digunakan. Kedua tools ini bekerja dengan menghapus semua virus dan malware yang sudah tertanam pada perangkat yang digunakan.

Namun untuk malware lebih berbahaya dibandingkan virus, sebab malware tidak hanya menyerang perangkat namun juga jaringan.

Cr lukman


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?