Apa Itu Email Security?

Secara definisi, email security adalah usaha-usaha untuk menjaga dan melindungi informasi-informasi sensitif dalam setiap komunikasi melalui email. Tindakan pencegahan serangan siber ini dilakukan khususnya terhadap akses data, risiko kehilangan data, hingga pencegahan transaksi mencurigakan. Email security akan berfungsi sebagai email gateway yang melakukan filtering pada setiap konten yang masuk melalui akun email Anda, di mana email merupakan media yang kerap digunakan oleh peretas untuk menyebarkan malware, spam, dan serangan phishing.

Serangan siber tersebut biasanya dilakukan peretas dengan cara mengirimkan pesan-pesan email yang seolah-olah asli dan dikirim dari pengirim yang tampak asli, guna membujuk penerima agar membocorkan informasi sensitif, membuka attachment, atau perintah untuk mengklik hyperlink yang langsung terarah ke proses instalasi malware pada perangkat korban.

Mengapa Email Security Penting untuk Keberlangsungan Bisnis?

Terdapat beberapa faktor yang menjadikan peran email security sangat penting untuk keberlangsungan bisnis, berikut ini penjelasan selengkapnya.

1. Email Adalah Target Umum Para Peretas

Hal pertama yang karyawan dapatkan segera setelah mereka bergabung dengan suatu perusahaan adalah akun email resmi mereka. Setiap harinya, seluruh karyawan menggunakan ID email masing-masing untuk mengakses informasi perusahaan dan untuk saluran komunikasi formal dengan sesama karyawan antar divisi maupun dengan pihak eksternal perusahaan.

Oleh karena itu, ketika karyawan bekerja secara jarak jauh (work from home) seperti sejak pandemi Covid-19 melanda hampir dua tahun belakangan, tentunya mereka menggunakan media email untuk hampir semua kebutuhan komunikasi dengan frekuensi yang lebih sering dibanding ketika mereka bekerja di kantor.

Di sisi lain, hal tersebut meningkatkan risiko serangan siber. Sebab dengan semakin tingginya frekuensi penggunaan email di hampir semua sektor perusahaan saat ini, peretas seringkali melakukan phishing, pengiriman pesan click bait, social engineering, dan masih banyak jenis serangan lainnya dengan tujuan untuk mengeksploitasi celah dalam sistem keamanan TI Anda melalui email.

2. Sedikit Celah Bisa Berakibat Fatal bagi Keberlangsungan Bisnis

Adanya celah sedikit saja pada sistem email security Anda, bisa memuluskan serangan malware atau spyware yang rentan menyusup ke seluruh jaringan sistem informasi Anda, sehingga dampaknya membahayakan sistem informasi perusahaan berupa kebocoran data hingga pencurian data.

Situasi ini akan jauh lebih buruk ketika Anda terkena serangan ransomware yang dalam sekejap akan mengenkripsi seluruh file dan data-data penting perusahaan Anda. Akibatnya, Anda tidak bisa melakukan apa pun jika sudah terlanjur terkena serangan ransomware.

Serangan ransomware akan menembus akses hingga memblokir akses menuju data-data penting Anda dengan cara mengenkripsinya. Peretas hanya mengizinkan Anda untuk bisa kembali mengakses data berharga Anda hanya setelah Anda melakukan pembayaran berupa uang tebusan, biasanya berupa bitcoin. Namun kabar buruknya adalah, misalkan Anda sudah membayar sejumlah tebusan yang mereka inginkan, tak lantas menjamin data-data Anda bisa kembali selamat 100%. Ibaratnya, Anda disandera oleh perompak di atas kapal Anda sendiri; antara hidup dan mati peluangnya fifty-fifty.

3. Peretas Selalu Beraksi dengan Metode Terbaru

Untuk melancarkan aksi jahatnya demi keuntungan mereka, tentunya peretas selalu menggunakan metode yang paling mutakhir untuk dapat menembus security firewall sistem informasi Anda. Misalnya dengan cara AI fuzzing (AIF) dan machine learning poison (MLP), yang memungkinkan peretas melakukan serangan siber secara otomatis ke sistem informasi Anda.

Selain itu, peretas bisa saja memanfaatkan celah cloud vulnerability dengan cara mengacak-acak alur proses bisnis perusahaan, yang pada akhirnya merusak image dan kredibilitas perusahaan Anda yang dampaknya akan terasa dalam jangka panjang, terutama potensi merosotnya kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap layanan/produk bisnis Anda.

Tentunya risiko-risiko tersebut merupakan ancaman serius bagi perusahaan mana pun, sehingga sangat penting bagi Anda untuk dapat menerapkan langkah-langkah keamanan email tingkat lanjut (advanced email security). Selain itu, Anda juga dapat memilih penyedia layanan enterprise email security yang menawarkan solusi keamanan siber secara menyeluruh.

Benefit Enterprise Email Security untuk Keberlangsungan Bisnis

Seiring meningkatnya ancaman serangan siber berupa penyebaran virus, spam, phishing, pencurian identitas dan data-data penting perusahaan, hingga serangan ransomware, kini Anda pun harus mulai berinisiasi untuk melakukan proteksi data-data bisnis perusahaan Anda dengan menggunakan enterprise email security sebagai prioritas utama kebutuhan bisnis Anda.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?