Sumber : https://sites.google.com/a/student.unsika.ac.id/nadi/_/rsrc/1468870904786/amiga/amigaOS.png

AmigaOS adalah sistem operasi default asli dari komputer Amiga pribadi. Hal ini dikembangkan pertama kali oleh Commodore International, dan pada awalnya diperkenalkan pada tahun 1985 dengan Amiga 1000. versi Awal (1,0-3,9) dijalankan pada seri Motorola 68k 16-bit dan mikroprosesor 32-bit, sedangkan AmigaOS lebih baru 4 berjalan hanya pada mikroprosesor PowerPC.

 Di atas kernel preemptive multitasking disebut Exec, itu termasuk abstraksi perangkat keras unik Amiga, sebuah sistem yang disebut operasi disk AmigaDOS, sistem windowing API yang disebut Intuisi dan antarmuka pengguna grafis yang disebut Workbench.

 Sebuah antarmuka baris perintah yang disebut AmigaShell juga tersedia dan terintegrasi ke dalam sistem. GUI dan CLI saling melengkapi dan berbagi hak istimewa yang sama.

AmigaOS dapat dibagi menjadi dua bagian: Kickstart (ROM) dan disk Workbench. Versi Kickstart dan Workbench digunakan akan dirilis bersama-sama, untuk digunakan dengan satu sama lain.

 Sejak Workbench 3.5, rilis pertama setelah Commodore International menghentikan pengembangan, bagaimanapun, baru Kickstart revisi berhenti diproduksi, mengandalkan hanya pada ROM 3.1 yang ditambal selama boot. Gambar yang ditunjukkan oleh AmigaOS 1.x di start-up, disk meminta pengguna untuk memasukkan disket Workbench.

 Kickstart adalah ROM bootstrap. The Kickstart berisi kode yang diperlukan untuk hardware boot Amiga standar dan banyak komponen inti dari AmigaOS. Fungsi Kickstart adalah sebanding dengan BIOS ditambah dengan kernel sistem operasi utama di IBM PC compatible. Namun, Kickstart menyediakan fungsionalitas yang tersedia pada saat boot dari yang biasanya diharapkan pada PC, misalnya, lingkungan windowing penuh. 

The Kickstart berisi bagian saham banyak sistem operasi Amiga, seperti Exec, intuisi, inti dari AmigaDOS dan fungsionalitas untuk menggunakan hardware AutoConfig ekspansi. Ini berarti bahwa powered-on Amiga sudah banyak bagian penting dari sistem operasi yang tersedia. 

Kemudian versi dari Kickstart berisi driver untuk kontroler IDE dan SCSI, port PC card dan berbagai perangkat keras lainnya yang datang dibangun ke Amigas. setelah start-up atau mengatur ulang Kickstart melakukan sejumlah pemeriksaan diagnostik dan sistem dan kemudian menginisialisasi chipset Amiga dan beberapa OS komponen inti. 

Hal ini kemudian akan memeriksa perangkat yang tersambung boot dan berusaha untuk boot dari satu dengan prioritas boot tertinggi. Jika tidak ada boot device hadir layar akan ditampilkan meminta pengguna untuk memasukkan boot disk – biasanya sebuah floppy disk.

Editor : Hidayat


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Tanya & Beli Program?